BI Kepri Siapkan 155 Titik Lokasi Penukaran Uang Jelang Idulfitri

BI Kepri Siapkan 155 Titik Lokasi Penukaran Uang Jelang Idulfitri

Ilustrasi kas keliling yang melayani penukaran uang di Pelabuhan Punggur, Batam. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan layanan penukaran uang selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023. Layanan ini akan dipenuhi melalui kas keliling. 

Layanan penukaran uang bersama BI dan perbankan, serta 155 titik layanan loket perbankan di seluruh wilayah Kepulauan Riau. 

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri, Suryono mengatakan masyarakat dapat mengakses informasi jadwal keliling kas keliling dan Bank Indonesia dan tatacara penukaran uang pada tautan https://pintar.bi.go.id.

“Sebelum melakukan penukaran uang, baiknya masyarakat pengecekan melalui website,” ujar Suryono, Senin (27/3/2023). 

Baca: Kebutuhan Uang Kartal Selama Ramadan dan Idulfitri di Kepri Capai Rp 1,9 Triliun

Bank Indonesia juga menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat penukaran resmi, yaitu di seluruh unit/cabang perbankan, Kas Keliling Bank Indonesia, serta pada Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan. 

Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari risiko peredaran uang palsu, ketidakakuratan jumlah uang yang ditukarkan, dan pembebanan biaya penukaran. 

“Bank Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang kartal baik dari segi jumlah maupun pecahan bagi masyarakat guna mendukung aktivitas perekonomian,” kata dia.

Sebelumnya, BI memperkirakan kebutuhan uang kartal untuk 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Ramadan dan Idulfitri 2023 mencapai Rp 1,9 triliun. 

Kebutuhan tersebut meningkat 11,76 persen dibandingkan realisasi 2022 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Peningkatan ini ditetapkan berdasarkan angka asumsi makro dan tren realisasi tahun-tahun sebelumnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews