Berkah Ramadan, Warga Non Muslim di Batam Juga Ikut Berburu Takjil

Berkah Ramadan, Warga Non Muslim di Batam Juga Ikut Berburu Takjil

Potret bazar ramadan wonderfood di Taman Dang Anom, Batam. (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Berkah Ramadan memang dapat dirasa semua kalangan, terutama bagi mereka yang menjalankannya.

Di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), keberkahan itu dirasakan para pedagang yang menjual takjil atau jajanan berbuka puasa. Tak sedikit panganan yang dijajakan habis terjual.

Pembeli datang dari beragam kalangan, baik etnis maupun agama. Yang non muslim juga ikut berburu takjil. Hal ini diakui oleh Ronald, salah seorang warga etnis Tionghoa di Batam. Katanya, setiap tahun dia menantikan momen Ramadan.

"Sudah tujuh tahun saya di Batam. Selama tujuh tahun ini bulan puasa sangat saya nantikan. Kemeriahannya luar biasa," kata dia, Minggu (26/3/2023) sore.

Meski tak menjalankan ibadah puasa, Ronald turut bersuka ria di bulan yang penuh berkah itu. Selain banyak event-event tahunan, ada keberkahan dari para pedagang takjil.

Baca juga: Bos! THR Lebaran 2023 Wajib Dibayar Sebelum Tanggal Ini

"Di sini lah, kita semua ikut memeriahkan momen Ramadan yang dijalankan oleh saudara-saudara kita yang muslim. Kita wajib menghargai semuanya, baik itu suku dan kepercayaan. Ada banyak pedagang dan banyak bazar Ramadan di Batam. Saya secara pribadi suka sebab banyak makanan yang dijual. Harganya pun murah-murah," kata dia.

Sebagai masyarakat, bagi Ronald tak ada salahnya ikut berpartisipasi memeriahkan bulan puasa. Terutama melarisi takjil yang dijual para pedagang.

"Di tahun-tahun sebelumnya kita dihantam Corona habis-habisan. Ekonomi kita merosot. Sekarang pandemi sudah selesai, ini (bulan Ramadan) jadi salah satu momen kita semua untuk membantu pedagang-pedagang kecil yang berjualan," ujarnya.

Tak cuma pembeli yang datang dari kalangan non muslim, ada juga pedagang takjil yang merupakan warga non muslim. Artinya seluruh masyarakat tanpa terkecuali merasakan berkah Ramadan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews