Ketahui, Berikut Syarat Sah Puasa yang Wajib Dipenuhi

Ketahui, Berikut Syarat Sah Puasa yang Wajib Dipenuhi

Ilustrasi puasa (Foto: Shutterstock/Adi purnatama)

Batam - Puasa merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat islam. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa syarat sah puasa yang harus dipenuhi.

Sebab, jika syrat-syarat tersebut tidak terpenuhi, maka puasanya tidak akan dianggap sah atau tidak dihitung sebagai nilai ibadah.

Lantas, apa saja syarat sah puasa yang wajib dipenuhi? Dikutip dari Nuonline, ada beberapa syarat menjalankan ibadah puasa, diantaranya sebagai berikut:

1. Islam

Syarat sah puasa yang pertama yaitu harus beragama islam. Jadi, selain orang islam dan melaksanakan puasa, maka puasanya tidak dihitung sebagai nilai ibadah.

2. Baligh

Orang tersebut telah baligh, dapat ditandai dengan seseorang tersebut pernah keluar mani dari kemaluannya baik dalam keadaan tidur atau terjaga, dan khusus bagi perempuan sudah keluar haid saat minimal berusia sembilan tahun.

Sementara bagi yang belum keluar mani dan haid, ia juga bisa tergolong sebagai baligh pada usia 15 tahun dari usia kelahirannya.

3. Berakal

Memiliki akal yang sempurna atau tidak gila, baik gila karena cacat mental atau gila disebabkan mabuk.

Bagi orang yang mabuk dengan sengaja, maka ia diwajibkan menjalankan ibadah puasa di kemudian hari (mengganti di hari selain bulan Ramadan alias qadha).

4. Suci

Syarat sah puasa yang selanjutnya yaitu harus dalam keadaan suci dari hadats besar, seperti haid dan nifas.

5. Nyata Masuknya Bulan Ramadan

Wajib mengetahui kedatangan bulan Ramadan. Pengetahuan mengenai awal Ramadan ini diketahui dari kesaksian salah satu orang terpercaya (adil) yang mengetahui awal bulan Ramadan dengan cara melihat hilal secara langsung dengan mata biasa tanpa peralatan alat-alat bantu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews