Staf BBC Diperintahkan Hapus Aplikasi TikTok, Kecuali untuk Keperluan Bisnis

Staf BBC Diperintahkan Hapus Aplikasi TikTok, Kecuali untuk Keperluan Bisnis

TikTok. (Foto: Batamnews)

London - Kantor berita BBC memerintahkan staf untuk menghapus aplikasi video populer TikTok dari perangkat pribadi mereka, kecuali jika ada kebutuhan bisnis yang sah.

Langkah ini dilakukan menyusul kekhawatiran lembaga di Barat tentang pengumpulan data oleh perusahaan asal China, ByteDance, yang memiliki aplikasi tersebut.

Sebagai penyiar terbesar di Inggris, BBC telah mengirim pesan kepada stafnya pada hari Minggu untuk tidak merekomendasikan penggunaan TikTok pada perangkat perusahaan BBC. Mereka hanya diperbolehkan menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan bisnis yang sah.

Baca: Alasan Keamanan Data, PM Belgia Larang PNS Unduh TikTok di Ponsel

Pemerintah Inggris pada hari Kamis lalu mengumumkan larangan keamanan terhadap TikTok pada perangkat pemerintah, mengikuti tindakan serupa yang diambil oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Melansir AFP, BBC menganggap serius masalah sistem dan keamanan data. Meskipun penggunaan TikTok masih diperbolehkan pada perangkat perusahaan untuk keperluan editing dan pemasaran, BBC akan terus memantau dan mengevaluasi penggunaannya.

Baca: TikTok Batasi Akses Penggunaan untuk Anak di Bawah Umur, Hanya 1 Jam Per Hari

Hal ini menunjukkan bahwa otoritas Barat semakin mengambil tindakan yang lebih ketat terhadap aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan China, seperti TikTok, karena kekhawatiran akan potensi penyalahgunaan data pengguna oleh China.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews