Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah agar Dapat Keberkahan

Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah agar Dapat Keberkahan

Foto: Getty Images/iStockphoto/FOTOKITA

Batam - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Umat Islam bisa membaca doa awal Ramadhan agar senantiasa mendapat keberkahan dari Allah SWT.

 

Seperti yang disampaikan dalam buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah karya Abdullah Zaedan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keutamaan dan kemuliaan. Ada banyak sekali doa dan amalan yang bisa kita lakukan untuk meraih keutamaan di bulan ini, misalnya saja dengan membaca doa awal Ramadhan.

Sementara itu, Yusuf Burhanudin dalam buku Misteri Bulan Ramadhan memaparkan mengenai makna dari bacaan doa tersebut. Doa awal Ramadhan atau doa menyambut Ramadhan ini mengandung lima permohonan. Permohonan tersebut antara lain:

- Memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa menyambut Ramadhan dengan stamina dan fisik yang prima.

- Dijauhkan dari segala penyakit jasmani dan rohani sehingga bisa menyambut Ramadhan dengan sempurna.

- Memohon kepada Allah SWT agar menjauhkan bulan Ramadhan dari segala bencana.

- Supaya Ramadhan tetap dijaga kesucian dan keberkahannya.

- Agar Allah SWT senantiasa menerima seluruh jerih payah amal perbuatan selama bulan Ramadhan.

Berikut bacaan doa awal Ramadhan sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW.

Doa Awal Ramadhan Arab, Latin, dan Artinya

1. Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma sallimni li ramadhaana wa sallim lii ramadhaana wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani dan al-Dailami)

2. Doa Melihat Hilal Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahillahu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah. Hilalu rusydin wa khairin

Artinya: "Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan." (Dinukil dari Kitab Riyadhus Shalihin)

3. Doa agar Bertemu Bulan Ramadhan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballignaa Ramadhan

Artinya: "Ya Allah berilah keberkahan pada kami di bulan Rajab, bulan Syaban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad)

Disebutkan dalam buku Kumpulan Tanya Jawab Islam yang disusun oleh Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah, doa menyambut Ramadhan tersebut sudah bisa dipanjatkan sejak bulan Rajab.

Dijelaskan dalam doa tersebut mengandung makna yang tersirat, di mana dua bulan sebelum Ramadhan kita sudah mengharap dan mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya Ramadhan bulan yang suci dan mulia.

Penetapan Awal Ramadhan

Masih dalam buku yang sama dijelaskan bahwa para jumhur ulama sepakat penetapan awal Ramadhan dilakukan dengan salah satu dari dua cara, yaitu:

- Dihitung dengan melihat hilal (tanggal) bulan Ramadhan bila tidak ada yang menghalangi pandangan seperti mendung, awan, asap, debu dan lain-lain.

- Dengan menyempurnakan bulan Syaban menjadi 30 hari, bila tanggal 29 Syaban ada penghalang rukyatul hilal.

Hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW,

صُوْمُوا لِرُؤْيَتِهِ وَافْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِيْنَ يَوْمًا

Artinya: "Berpuasalah kalian apabila melihat bulan, dan berbukalah (berhari raya-lah) kalian, apabila telah melihat bulan. Namun, jika pandanganmu terhalang oleh awan, maka sempurnakan bulan Syaban itu sampai dengan 30 hari" (HR Bukhari dan Muslim)

Itulah penjelasan mengenai doa awal Ramadhan lengkap dengan artinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews