Sederet Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan saat Bulan Ramadan

Sederet Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan saat Bulan Ramadan

Ilustrasi jual jajanan buka puasa. (Foto: sindonews)

Jakarta - Banyak peluang bisnis yang muncul saat bulan puasa. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi uang. Apalagi bisnis tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pegawai kantoran.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho membeberkan berbagai bisnis yang bisa dilakukan selama bulan puasa. Salah satunya adalah menjual makanan-makanan untuk berbuka puasa, seperti es buah dan gorengan.

"Kan kita suka lihat banyak penjual makanan musiman selama bulan puasa, di jalan-jalan langsung banyak. Nah itu biasanya mereka jualan musiman seperti itu. Nggak ada salahnya kita contoh misal kalau kita memiliki akses dan kemampuan untuk di situ," tuturnya seperti dikutip dari detikcom, Kamis (16/3/2023).

Lalu bisa juga membuka catering atau penyuplai makanan. Sebab, selama bulan puasa biasanya akan ada banyak orang yang ingin membagikan takjil atau makanan untuk berbuka puasa.

Bisa juga menjual perlengkapan muslim dan muslimah, mulai dari baju koko, jilbab, hingga perlengkapan sholat. "Pasti akan ramai banget lah selama bulan Ramadan ini. Minimal mereka membeli untuk kebutuhan taraweh, untuk kebutuhan sholat id," katanya.

"Yang jual pakaian kasual juga tetep oke, biasanya memang untuk orang yang berprinsip bahwa Lebaran pakai pakaian baru. Nah ini bisa jadi target marketnya kita juga," lanjutnya.

Ada juga bisnis untuk desain kartu ucapan digital. Hal itu karena belakangan ini lebih banyak orang yang mengirim ucapan melalui aplikasi pesan daring.

"Yang rada unik jasa jual kartu tol, e-toll, e-money. Waktu itu saya baca ada bapak-bapak jual kartu tersebut, satu kartu misalnya dari banknya di jual harga Rp 50.000 sama dia dijualnya Rp 100.000. Itu dia nongkrong di pinggir sebelum jalan tol udah laku banyak tuh," tuturnya.

Selain itu, ada juga bisnis jasa penukaran uang, jasa foto dan video, hingga jual kue-kue kering. Menurut Andy, bisnis tersebut sangat bisa dilakukan oleh pekerja kantoran, asal tidak mengganggu waktu kerjanya saja.

Sementara itu, Perencana Keuangan Safir Senduk menuturkan terdapat beberapa cara menambah penghasilan tanpa modal, yang salah satunya adalah menjual keahlian.

"Contoh, kamu punya (skill) bahasa Inggris, kamu ngajar, kamu bisa nyanyi, nyanyi, nggak perlu mengeluarkan modal. Kamu bisa jadi pembicara topik apapun, nggak perlu keluar modal, kamu jadi pembicara offline, online, terserah. Kamu bisa jadi MC? Jadi MC offline, online, nggak perlu keluar modal," tuturnya.

Selanjutnya, bisa juga menjadi broker atau perantara. Contohnya menjadi perantara yang mempertemukan penjual dan pembeli, seperti perantara jual beli mobil atau jual beli rumah.

Atau, bisa juga membuat kerajinan tangan, seperti membuat parsel atau hampers. Menurutnya ada beberapa hampers yang unik yang pernah ia temukan, salah satunya adalah parfum. Ada juga hampers yang isinya kurma serta kue-kue kering. "Isi hampers ini kayaknya akan terus berkembang dan berevolusi sesuai dengan perkembangan zaman," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews