3 Tim Grup A Piala Asia U-20 Tampil di Piala Dunia 2023

3 Tim Grup A Piala Asia U-20 Tampil di Piala Dunia 2023

Indonesia saat bertanding melawan Irak pada babak penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan (Foto: Antara)

Jakarta - Sebanyak tiga tim yang menghuni grup A Piala Asia U-20 2023 berhasil melangkah ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

 

Grup A Piala Asia U-20 2023 dihuni tuan rumah Uzbekistan, Irak, Suriah, dan Timnas Indonesia U-20. Dari empat tim, sebanyak tiga tim berhasil lolos.

Timnas Indonesia U-20 menjadi yang pertama mengamankan tiket Piala Dunia U-20 2023. Tim asuhan Shin Tae Yong lolos meski gagal melangkah ke fase gugur.

Di babak grup, tim Garuda Nusantara harus puas menempati posisi ketiga. Hokky Caraka dan kawan-kawan kalah bersaing melawan Uzbekistan dan Irak yang lolos ke babak selanjutnya.

Irak yang melaju dengan status runner up grup A kembali meraih hasil positif di perempat final. Irak menjadi wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia U-20 berkat kemenangan dramatis atas Iran lewat setelah Ali Jasim mencetak gol pada masa injury time babak kedua.

Uzbekistan menyusul langkah Irak ke babak semifinal. Uzbekistan lolos ke empat besar setelah mengalahkan Australia lewat adu penalti. Adu penalti terjadi setelah skor imbang 1-1 bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai.

Australia lebih dulu unggul lewat Gabriel Popovic di menit ke-77 tetapi kemudian Uzbekistan menyamakan kedudukan lewat Zafamurod Abdirakhmatov dua menit berselang.

Dalam adu penalti, kelima eksekutor Uzbekistan sukses melaksanakan tugasnya. Sedangkan satu eksekutor Australia yaitu Adrian Segecic tidak berhasil menggetarkan gawang Uzbekistan.

Sisa dua slot dari Asia bakal ditentukan pada Minggu (12/3/2023). Dua tiket terakhir dari Asia akan diperebutkan dalam duel Korea Selatan vs China dan Jepang vs Yordania.

Timnas Indonesia U-20 bakal tampil di Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah. Piala Dunia U-20 berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews