Satwa K-9 Bantu Pencarian Korban Longsor Serasan Kabupaten Natuna

Satwa K-9 Bantu Pencarian Korban Longsor Serasan Kabupaten Natuna

Satwa K-9 mencari korban hilang dalam musibah longsor di Kabupaten Natuna, Kepri. (ist)

Natuna, Batamnews - Satwa K-9 atau anjing pelacak diturunkan ke lokasi longsor Serasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Dengan menggunakan KMP Bahtera Nusantara 01 sebanyak enam ekor anjing K-9 datang di Pelabuhan Serasan, Jumat (10/3/2023) sore.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan 145 anggota Polri diterjunkan ke wilayah pemulihan longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

Kapolres Natuna AKBP Nanang Budi Santosa mengatakan personel dan K9 ini sengaja turun membantu dalam pencarian korban. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah jika ada korban yang tertimbun tanah longsor.

Baca juga:  44 Jenazah Korban Tanah Longsor Serasan Telah di Evakuasi

“Kami menurunkan satwa yang punya spesifikasi untuk membantu mencari korban di lokasi bencana. Ada beberapa titik yang menjadi lokasi pencarian dugaan adanya korban," jelasnya.

Hari keenam pencarian, Sabtu 11 Maret 2023, kembali ditemukan 7 jenazah sehingga jumlah korban yang berhasil dievakuasi berjumlah 44 jenazah, satu belum teridentifikasi.

Nanang mengatakan, dari 44 jenazah yang ditemukan satu jenazah belum berhasil diidentifikasi. Sementara Tim SAR gabungan kembali akan melakukan pencarian korban hilang. Dilaporkan 10 orang yang dilaporkan hilang usai musibah itu masih belum ditemukan.

Baca juga: Rusak Akibat Banjir, Yumasnur Minta Pemrpov Kepri Ikut Perbaiki Jalan di Batam

“Pencarian dan pengangkutan Minggu 12 Maret 2023, dibantu Satwa K-9 dari Mabes Polri. Pencarian dilakukan terhadap 10 orang yang hilang dan belum ditemukan, semoga cerah dan tidak hujan agar dapat mempercepat proses penanganan dan pencarian korban," harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews