Cak Nur: RKPD Batam Harus Realistis dan Berbasis pada Kondisi Masyarakat

Cak Nur: RKPD Batam Harus Realistis dan Berbasis pada Kondisi Masyarakat

Ketua DPRD Batam, Nuryanto. (Foto: ist)

Batam -  Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto menyoroti Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang disampaikan Wali Kota Batam dalam Forum Perangkat Daerah, Senin (27/2/2023).

 

Dalam RKPD tersebut disebutkan kebijakan pembangunan daerah tahun 2024 sebagaimana termuat dalam Rencana Pembangunan Jarak Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam adalah peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan pembangunan daerah.

Menurut Nuryanto, penyusunan RKPD harus berbasis pada realitas kondisi masyarakat Batam saat ini. Pemerintah Daerah harus peka dan sensitif dalam membaca suasana kebatinan masyarakat Kota Batam.

Baca juga: Ketua DPRD Batam Nuryanto Kaget Azhari David Ditangkap Kasus Narkoba

"Kita harus bisa mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana permasalahan yagn sangat substansi dan dihadapi masyarakat Batam saat ini dan ke depannya," ujarnya.

Kemudian, penyusunan RKPD harus tepat  sesuai tema dan prioritas pembangunan Kota Batam.

Sehingga kemampuan kemampuan Pemerintah Daerah dalam menentukan tema dan prioritas pembangunan menjadi sangat penting.  "Kami berharap dan meminta agar bisa memprioritaskan kebijakan pembangunan yang sesuai dengan tingkat ketermanfaatan dan kepentingan masyarakat Batam," tegasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Batam Nuryanto Hadiri Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

Ia juga melanjutkan, pihaknya meminta ada keselarasan sasaran dan prioritas pembangunan. Serta, DPRD Batam menilai potensi pendapatan asli daerah masih belum dioptimalkan.

“Sejak awal DPRD Batam meminta agar sistem pemungutan pajak daerah harus terus diperbaharui dan pemutakhiran data wajib pajak daerah harus dilakukan secara periodik,” katanya.

Pihaknya berharap tujuan utama dari forum ini bisa tercapai. Dengan mengakomodir sehingga nantinya bisa mewakili seluruh masyarakat Batam.

“Tentunya kami berharap forum ini bisa memenuhi prinsip-prinsip tata kelola Pemerintahan yang baik dan bertanggungjawab,” kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews