Catat, Kartu Brizzi Tak Berlaku Lagi untuk Beli Solar Bersubsidi di Batam

Catat, Kartu Brizzi Tak Berlaku Lagi untuk Beli Solar Bersubsidi di Batam

Petugas SPBU mengisi solar ke sebuah truk tangki air di sebuah SPBU Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Penggunaan Fuel Card 3.0 untuk pembelian solar subsidi di Batam, Kepulauan Riau resmi diberlakukan sejak Selasa (21/2/2023), menggantikan kartu Brizzi. 

Kartu Brizzi merupakan kartu pengendali pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi. Fuel Card juga memiliki fungsi yang sama namun ditambahkan dengan berbagai fitur tambahan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam, Gustian Riau mengatakan proses peralihan kartu Brizzi menjadi Fuel Card sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. 

“Jadi sejak kemarin, kartu Brizzi sudah tidak berlaku lagi,” ujarnya, Rabu (22/2/2023). 

Baca: Pengguna Kartu Brizzi Sebut Proses Peralihan ke Fuel Card Rumit

Ia menjelaskan, proses peralihan kartu pengendali subsidi ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilik kartu Brizzi. 

Saat sosialisasi tersebut, pihaknya memberikan waktu kepada para pemilik kartu Brizzi untuk mengganti dengan Fuel Card 3.0. Sejauh ini, sudah 6.080 lembar Fuel Card yang telah tersebar.

“Sedangkan Fuel Card yang kami siapkan berjumlah 6.500 kartu,”katanya. 

Gustian mengakui masih ada pemegang kartu Brizzi yang belum mengganti dengan Fuel Card 3.0, dengan alasan karena tidak memenuhi syarat. 

“Contoh tidak ada mobilnya, yang ada cuma kartu, tapi tidak ada mobil. Selain itu, daftar di fuel card tapi tidak memasukkan nomor rekening, serta tidak ada STNK,” ucapnya. 

Baca: Pemko Batam Luncurkan Fuel Card 3.0 Sebagai Pengganti Brizzi

Ia menyebutkan, pihaknya sudah melakukan perpanjangan hingga 4 kali hingga akhirnya memutuskan untuk tidak lagi memberlakukan kartu Brizzi. 

“Ada kekhawatiran kami, jika tidak segera diganti maka dapat memudahkan orang yang selama ini tidak berhak,“ kata dia.

Sementara itu, GM Sam Retail Pertamina, Dambha Herviyanto menyampaikan cara kerja Fuel Card 3.0 hampir sama seperti kartu ATM, yang harus digunakan dengan mesin tertentu.

“Fuel Card ini harus dicolok, ada alatnya sendiri. Setiap SPBU sekarang sudah punya alatnya,” kata Dambha.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews