Indonesia Masuk Daftar 10 Negara dengan Tubuh Terpendek di Dunia

Indonesia Masuk Daftar 10 Negara dengan Tubuh Terpendek di Dunia

Foto: Getty Images/pinstock

Jakarta - Organisasi independen World Population Review (WPR) menempatkan Indonesia pada jajaran sepuluh negara dengan tinggi badan rata-rata usia dewasa terpendek di dunia.

Dikutip dari laman resminya, Indonesia masuk urutan ke-182 dari 199 negara yang disurvei. Hasil survei menyebut tinggi badan di Indonesia berkisar 158 cm.

Indonesia berada di kelompok 10 negara dengan tubuh terpendek, bersama dengan Bolivia dengan rata-rata tinggi badan 159 cm, Filipina 161 cm, Vietnam 162 cm, Kamboja 162,5 cm, Nepal 163 cm, Ekuador 163 cm, Sri Lanka 163,6 cm, Nigeria 163,8 cm, dan Peru 164 cm.

Tak hanya tubuh terpendek, WPR juga menempatkan 10 negara dengan tinggi badan orang dewasa di atas rata-rata.  Urutan teratas di antaranya Belanda dan Montenegro yang berkisar 183 cm, Denmark 181 cm, Norwegia, Jerman, Kroasia, dan Serbia 180 cm.

Sebagian besar negara menggunakan sistem metrik untuk mengukur tinggi badan. Meskipun sistem metrik adalah sistem pengukuran yang paling umum, WPR menyertakan tinggi rata-rata per negara dalam satuan imperial.

Sebagai gambaran, sistem imperial mengukur tinggi badan melalui kaki dan inci, sedangkan sistem metrik menggunakan meter dan sentimeter. Satuan pengukuran ini tidak sulit untuk diubah, namun negara-negara cenderung menggunakan satu di atas yang lain untuk menjaga konsistensi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews