Kapal Roro Bahtera Nusantara 03 Siap Beroperasi Pekan Depan Layani Rute Kepri-Kalimantan

Kapal Roro Bahtera Nusantara 03 Siap Beroperasi Pekan Depan Layani Rute Kepri-Kalimantan

KMP Bahtera Nusantara 03 yang akan segera melayani penyeberangan dari Kepri menuju Kalimantan. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Kapal Roll On Roll Off (Roro) KMP Bahtera Nusantara 03 siap beroperasi pada pekan depan, dengan rute penyeberangan Kepulauan Riau (Kepri) ke Kalimantan. Kapal ini pun diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat dan mendukung konektivitas antarwilayah di Indonesia.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepri, Yugo Antoro mengatakan, kemungkinan KMP Bahtera Nusantara 03 akan beroperasi pada Kamis (23/2/2203) pekan depan.

Menurutnya, kapal tersebut saat ini sedang dalam tahap perizinan untuk dapat berlayar dan diharapkan kapal tersebut siap beroperasi tanpa adanya kendala.

"Sudah semua tahapannya, tinggal perizinan berlayar yang sedang kita urus kemudian kapal tersebut tinggal beroperasi," kata dia, Sabtu (18/2/2023).

Baca juga: Warganet Sambut Positif Rencana Operasi KMP Bahtera Nusantara 03 Rute Kepri-Kalimantan

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, telah melakukan peninjauan kapal Bahtera Nusantara 03 pada Sabtu (11/2/2023) lalu di Pelabuhan Roro Punggur, Batam.

Kapal ini dianggap sebagai upaya yang baik karena adanya kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan akan dioperasikan oleh ASDP.

"Ini tentu upaya yang baik, kerjasama antar pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan nanti yang mengoperasikan adalah ASDP," kata Budi Karya.

Kapal Bahtera Nusantara 03 akan menempuh rute Batam, Matak, Serasan dan Sintete. Dengan kapasitas penumpang mencapai 386 orang serta mampu mengangkut sebanyak 36 kendaraan, kapal ini akan memudahkan akses transportasi antarwilayah di Indonesia, khususnya untuk masyarakat yang membutuhkan layanan penyeberangan dari Kepri ke Kalimantan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews