Stok Vaksin Covid-19 di Batam Kosong, Kepala Dinkes: Sejak 3 Februari 2023 

Stok Vaksin Covid-19 di Batam Kosong, Kepala Dinkes: Sejak 3 Februari 2023 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Stok vaksin Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau dalam keadaan kosong. Sebelumnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terakhir kali dilakukan pada Kamis (2/2/2023). 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan vaksinasi Covid-19 terakhir dilakukan bagi pegawai Pemerintah Kota (Pemko) Batam. 

Adapun vaksin Covid-19 yang dipakai yaitu vaksin Pfizer. Sebanyak 7.000 dosis jenis Pfizer diberikan kepada pegawai Pemko Batam untuk booster kedua. 

"Sebelum masa kedaluwarsa udah habis. Kedaluwarsa tanggal 3 Februari 2023, tanggal 2-nya kita sudah habiskan tanpa ada sisa," ujar Didi, Selasa (7/2/2023). 

Baca: Kemenkes RI Pastikan Vaksin COVID-19 Booster Kedua Gratis

Mengenai aturan booster kedua atau dosis keempat yang diwajibkan, Didi menuturkan pemerintah pusat masih menargetkan angka tertentu untuk pemerintah daerah.

Seperti halnya realiasasi booster pertama atau dosis ketiga di Kota Batam tercapai 60 persen lebih. Secara nasional, Batam mendapat urutan ketiga terbesar seluruh Indonesia setelah DKI Jakarta dan Bali. 

"Capaian dosis keempat atau booster kedua kita sudah mencapai 2 persen. Bisa dibilang capaian kita sudah di angka nasional," katany.

Ia menilai masyarakat Kota Batam juga sudah mulai longgar dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes). Salah satunya penggunaan masker.

"Saya kan sering traveling ke Surabaya dan Yogyakarta. Kalau di hotel dan rumah sakit warga masih pakai masker, tapi di mall dan perkantoran saya lihat sudah enggak lagi pakai masker," katanya.

Baca: Realisasi Booster Vaksin Covid-19 di Kota Batam Capai 509 Ribu Orang

Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), realisasi vaksin Covid-19 untuk dosis pertama usia dewasa mencapai 830.437 orang atau 105,19 persen, sedangkan dosis kedua telah tercapai 744.199 orang atau 94,27 persen. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews