Rudi Ungkap Solusi Terbaik Bikin Suplai Air Bersih di Kota Batam Tetap Lancar

Rudi Ungkap Solusi Terbaik Bikin Suplai Air Bersih di Kota Batam Tetap Lancar

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Foto: dok.Batamnews)

Batam, Batamnews - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang menyelesaikan persoalan pelayanan air bersih di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), agar tetap lancar.

Sejauh ini, menurutnya persoalan air bersih diakibatkan beberapa kendala, seperti kondisi sebagian pipa dalam keadaan tua dan rusak. Selain itu juga karena kebutuhan air yang semakin bertambah sejalan dengan bertambahnya penduduk.

“Deputi IV BP Batam sudah rapat dengan pihak Moya, saya pesan, agar ada solusi terbaik agar suplai air tidak lagi macet,” ujarnya, Sabtu (28/1/2023) lalu.

Baca juga: Masalah Air di Batam, Ansar: Saya Rasa BP Batam Bisa Cari Langkah Siginifikan

Rudi menyebut, penanganan air bersih membutuhkan waktu yang panjang, tidak bisa instan. Karena menyangkut perbaikan instalasi jaringan pipa dan peningkatan produksi air dengan hitungan yang mencapai Rp 4,5 triliun.

“Itu untuk jangka panjang. Namun kalau menunggu uangnya segitu, permasalahan air tidak selesai- selesai," kata dia.

Dalam waktu dekat ini pihaknya sudah meminta pergantian alat yang rusak. Penggantian alat difokuskan pada alat yang mengalami kerusakan yang bisa menghalangi suplai air kepada masyarakat.

Baca juga: Ketersediaan Air Baku Cukup, BP Batam Pastikan Ketahanan Air Batam

"Namun untuk jangka pendeknya persoalan air harus selesai. Untuk mengganti alat dalam waktu dekat, tidak bisa langsung, karena harus lelang lagi," katanya.

Untuk upaya perbaikan dan penggantian pipa tersebut, Rudi menyebut pihaknya menganggarkan sekitar Rp 100 miliar. Selanjutnya secara bertahap akan berupaya agar suplai air tidak lagi macet.

"Alat harus diganti, pipa juga harus diganti. WTP tempat produksi air dari DAM ke penyaluran juga harus ditambah," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews