Ribuan Lampion Hiasi Jalan di Kawasan Meral Karimun

Ribuan Lampion Hiasi Jalan di Kawasan Meral Karimun

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Sedikitnya 1.200 lampion menghiasi wilayah Meral Kabupaten Karimun, Kepri dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2575.

Lampion tersebut dipasang di sepanjang satu Kilometer di jalan wilayah Meral Kota, dan dinyalakan secara serentak pada Sabtu (7/1/2023) malam.

Ribuan lampion tersebut menambah semaraknya perayaan Imlek di Kabupaten Karimun. Lampion akan terpasang hingga puncak perayaan Cap Go Meh atau tepatnya 15 hari setelah hari raya Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023 mendatang.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan tradisi menyalakan lampion jelang perayaan Imlek sudah secara turun temurun diselanggarakan masyarakat tionghoa di Karimun.

"Tapi karena dalam kurun tiga tahun terakhir kegiatan seperti ini tidak dapat digelar akibat pandemi, maka tahun ini bisa semakin menambah kemeriahan dalam menyambut Imlek," ujar Rafiq usai penyalaan lampion secara serentak di kawasan Meral.

Dengan momentum tersebut, diharapkan juga bisa meningkatkan kunjungan wisata baik wisatawan yang berasal dari negara Singapura dan Malaysia.

"Karena ini juga bisa memberikan multiplayer effect di bidang ekonomi. Jadi tidak hanya semata budaya, tapi bisa memberikan daya tarik tersendiri," katanya.

Ketua Paguyuban Sosial  Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Karimun, Hendrick Ho menuturkan bahwa penyelenggaraan even ini berdasarkan aspirasi masyarakat dalam menyabut Imlek di tahun ini.

"Kesannya tahun ini kita memberikan suka cita kepada masyarakat. Apalagi kita didukung dari berbagai elemen," kata dia.

Menurutnya, makna filosofis yang terkandung dari penyalaan lampion tersebut untuk pengharapan di tahun yang baru agar diwarnai dengan rezeki, keberuntungan dan kebahagiaan.

"Sebenarnya tidak ada perbedaan. Intinya adalah untuk membawa dan mencapai rezeki yang maksimal di tahun-tahun mendatang," ucapnya.

Tampak lampu lampion yang dipasang di sepanjang jalanan di Meral tersebut memberikan kesan cukup berbeda. Sepanjang jalan akan disuguhi sinaran cahaya dari lampion yang menyala.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews