Karimun Targetkan Jumlah Wisatawan Terus Meningkat Tahun 2023

Karimun Targetkan Jumlah Wisatawan Terus Meningkat Tahun 2023

Kawasan Coastal Area, Kabupaten Karimun. (Dok. Batamnews)

Karimun, Batamnews - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau diperkirakan meningkat tahun ini.

Hal ini bisa dilihat dari statistik kunjungan wisatawan pada tahun 2022 oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun.  Tahun lalu, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melampaui target hingga 160 persen.

"Kita targetkan untuk tahun 2023, kunjungan wisatawan ke Karimun meningkat. Setelah melihat capaian tahun 2022, melebihi jumlah yang ditergetkan mencapai 160 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Muhammad Yunus.

Baca juga: Wisatawan Asing Batalkan Kunjungan ke RI Usai KUHP Disahkan

Jumlah kunjungan wisman pada 2022 tercatat sebanyak 15.750 orang. Sehingga, target kunjungan wisman di tahun 2023 dinaikan menjadi 16.537 orang.

Sedangkan untuk jumlah wisatawan nusantara di tahun 2022 sebanyak 45.150 orang. Untuk target di tahun 2023 dinaikan menjadi 47.407 orang.

"Semakin terkendalinya Covid-19 turut menjadi penyebab meningkatnya angka kunjungan wisatawan, serta juga dengan event atau kegiatan yang dilakukan," ucapnya.

Baca juga: Wisatawan Asing Mulai Ramai Kunjungi RI, Terbanyak Turis Australia

Diketahui bahwa wisman terbanyak ke Karimun berasal dari Malaysia, Singapura, dan juga ada dari Amerika dan beberapa negara lain.

Selain berkunjung ke Pulau Karimun, banyak wisman yang berlibur di Resort Telunas, Desa Sugi, Kecamatan Moro.

"Ini kita ambil data dari Imigrasi dan Telunas. Untuk yang banyak itu Malaysia, Singapura dan Amerika. Baru Tiongkok dan wisman dari negara-negara lain," ujar Yunus.

 

Mengenai naiknya capaian target di tahun 2023, Yunus sangat optimis bisa mencapainya. Ia menyebutkan Dinas Pariwisata tidak hanya akan mengembangkan pariwisata di Pulau Karimun saja, namun juga di pulau-pulau lain.

"Tujuan kita meningkatkan wisatawan mancanegara dan lokal. Tentunya tidak terfokus di Pulau Karimun saja tapi juga seperti Kundur, Moro, Buru dan daerah lain," ungkapnya.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Yunus, pihaknya akan berinovasi dan telah menyiapkan berbagai event.

Adapun beberapa event yang akan digelar diantaranya Jajanan Nusantara, Festival Pelangi Budaya Nusantara, Julang Budaya, event musik dan grup band, serta kegiatan wisata yang berhubungan dengan kearifan lokal.

"Kita melengkapi wisata kearifan lokal seperti Festival Jong. Selama ini Pemda sedang giat membangun berbagai destinasi sebagai tujuan wisatawan. Seperti Anjungan Aura Putri Kemuning di Coastal Area yang baru dibangun," terangnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews