Apa Perbedaan Antara Jaringan Wi-Fi 5G dan 5 GHz?

Apa Perbedaan Antara Jaringan Wi-Fi 5G dan 5 GHz?

Ilustrasi 5G. (Foto: iStockphoto/Dilok Klaisataporn)

ANDA mungkin pernah mengira sebelumnya bahwa jaringan 5G dan jaringan Wifi 5GHz merupakan satu hal yang sama. Benar, kedua itu sekilas terlihat sama, namun ternyata keduanya sangat berbeda satu sama lain. Kami mengerti bahwa Anda bisa saja bingung dengan istilah teknologi yang digunakan saat ini seperti jaringan 5G dan 5GHz.

Apalagi dengan adanya perkembangan 5G, banyak orang yang agak bingung antara teknologi 5G dengan band 5GHz pada router Wifi. Meskipun di Indonesia sendiri penggunaan jaringan 5G masih terbatas, namun beberapa merek ponsel terkenal sudah banyak yang memproduksi ponsel untuk jaringan 5G dan memasarkannya di tanah air. Untuk itu, mari bersama-sama kita lihat apa saja perbedaan antara jaringan 5G dan 5GHz dengan cara menjelaskan kedua istilah ini secara lebih detail.

Apa itu jaringan 5G dan apa itu 5GHz?

5G yang adalah kepanjangan dari generasi kelima yang merupakan teknologi jaringan seluler sinyal. Ini merupakan standar yang mengizinkan Anda terhubung dengan internet dengan menggunakan ponsel pintar dari lokasi mana pun Anda memiliki sinyal mobile meskipun Anda tidak punya akses ke Wifi. Jaringan 5G merupakan penerus dari beberapa jaringan mobile sebelumnya yaitu 4G, 3G, dan 2G yang semuanya ini pernah digunakan pada tahun-tahun yang lalu.

2G seringkali disebut dengan EDGE, yang merupakan sebuah update pada standar 2G yang asli. Sementara 4G, umumnya disebut dengan LTE, yang memiliki koneksi lebih cepat dibandingkan dengan 3G. Adapun 5G, masih belum memiliki nama kedua seperti yang lainnya, namun di masa depan, jaringan 5G juga akan mempunyai nama keduanya.

Jaringan 5G tidak mempunyai hubungan apapun dengan Wifi. 5G digunakan untuk koneksi seluler. Ponsel pintar masa depan bisa saja mendukung 5G dan Wifi 5 GHz, namun ponsel pintar saat ini mendukung jaringan 4G LTE dan 5GHz Wifi.

Untuk mengetahui kecepatan koneksi internet Anda di rumah atau kantor Anda, mulai sekarang Anda bisa menggunakan Uji Kecepatan Internet yang tersedia secara online dan gratis. Jika didapatkan kecepatan internet di rumah Anda kurang stabil, Anda dapat beralih ke layanan internet IndiHome yang disediakan oleh perusahaan Telkomsel, apalagi sekarang layanan Indihome juga menyediakan jaringan internet 5G di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sementara itu band 5GHz mampu melakukan transmisi data lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 2.4GHz. Bagaimanapun juga, adanya frekuensi lebih tinggi yang dimiliki oleh 5GHz tidak memiliki jangkauan yang seluas band 2.4GHz. Ini artinya sinyal 5GHz tidak akan menjangkau sejauh itu.

Selain itu, 5GHz memiliki beberapa keunggulan lainnya dibandingkan dengan 2.4GHz. Salah satunya adalah kurang rentan terhadap gangguan dengan alasan jumlah tipe-tipe perangkat yang menggunakan band ini lebih sedikit. Misalnya saja banyak perangkat elektronik saat ini seperti ponsel, laptop, microwave, dan perangkat rumah lainnya menggunakan sinyal 2.4GHz, dibandingkan dengan 5GHz. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan masalah dengan performa jaringan.

Band 5GHz juga menawarkan lebih banyak pilihan untuk saluran-saluran Wifi yang akan menawarkan Anda pilihan yang lebih banyak jika beberapa saluran terlalu ramai yang berasal dari rumah tetangga Anda. Ya, 5 GHz Wifi sangat bagus sebab ini menawarkan solusi terbaik atas kemacetan Wifi yang kadang terjadi pada tempat-tempat yang ramai seperti gedung apartemen yang masing-masing memiliki router dan jaringan Wifi nya.

Perlu Anda ingat juga bahwa meskipun kecepatan 2.4GHz lebih lambat, namun ternyata memiliki keunggulannya dibandingkan dengan 5GHz. Ya, 2.4 GHz meliputi area yang lebih luas dan dapat bekerja dengan lebih baik saat melewati dinding-dinding rumah dan perkantoran berkat gelombang radionya yang lebih panjang.

Intinya, dengan mengetahui definisi kedua istilah 5G dan 5GHz di atas, maka saya yakin sekarang Anda sudah bisa membedakan kedua istilah itu dengan baik dan benar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews