Tangis Berubah Jadi Tepuk Tangan Saat Lion Air JT330 Berhasil Mendarat

Tangis Berubah Jadi Tepuk Tangan Saat Lion Air JT330 Berhasil Mendarat

Foto: dok. Lion Air

Jakarta - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 putar balik ke Bandara Soekarno-Hatta karena mengalami gangguan mesin. Para penumpang sempat mengucapkan syukur dan tepuk tangan saat pesawat tujuan Palembang itu berhasil mendarat darurat.

 

Salah seorang penumpang bernama Gustria Kurnia Putri membagikan video dan cerita saat pesawat putar balik lalu mendarat. Dalam video yang diterima, Rabu (26/10) suasana di dalam kabin gelap.

Suasana penumpang saat itu panik. Terdengar pula suara tangisan. "Astagfirullah," kata seseorang dalam rekaman video tersebut.

Baca juga: 39 Menit Mencekam di Udara, Lion Air Putar Balik

Pesawat akhirnya berhasil mendarat. Saat itu para penumpang menyampaikan ucapan syukur dan bertepuk tangan.

"Huh, degdekan Alhamdulillah," kata Gustria.

Gustria menyampaikan kondisi di dalam kabin panas dan pengap. Menurutnya, AC tidak menyala lagi.

"Uap di dalam pesawat udah panas, AC-nya juga nggak berasa, udah pengap,' ucapnya.

Baca juga: Lion Air Tujuan Padang Mendarat Darurat di Batam Akibat Cuaca Buruk

Dia juga mengaku mendengar suara ledakan saat pesawat lepas landas atau take off. "Tadi pas take off terdengar suara ledakan," ucapnya.

Gustria menuturkan penumpang lainnya melihat sayap pesawat bagian kiri mengeluarkan api. Gustria mengatakan pesawat saat itu baru terbang selama 30 menit di udara.

"Selang 5-10 menit, ada penumpang yang sadar bahwa pesawat sayap bagian kiri mengeluarkan api. Sekitar 30 menit kita di atas baru landing," ujarnya.

 

Pesawat Lion Air Putar Balik

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melaporkan peristiwa itu terjadi pada Rabu (24/10/2022). Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, pukul 17.13 WIB. Pesawat putar balik di ketinggian 3.000 kaki.

"Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," kata Danang melalui keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Danang menyampaikan pesawat tersebut membawa enam kru dan 169 penumpang. Dia menyebutkan, sebelum keberangkatan, pesawat sudah dicek dan dinyatakan layak terbang. Seluruh penumpang selamat.

"Lion Air penerbangan JT330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre-flight check)," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews