1.564 Personel Amankan Perayaan Nataru di Kepulauan Riau

1.564 Personel Amankan Perayaan Nataru di Kepulauan Riau

Apel pengamanan Nataru di Mapolda Kepri. (Foto: ist/batamnews)

Batam, Batamnews - Sebanyak 1.564 personel dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Provinsi Kepulauan Riau dalam Operasi Lilin Seligi 2022.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengungkapkan 1.564 personel tidak hanya dari kepolisian, namun gabungan dari sejumlah instansi.

Ia merinci ribuan personel itu terdiri dari 530 personel Polda Kepri, 243 personel Polres jajaran dan 791 personel yang terdiri dari TNI, Instansi terkait, Satpol PP, Dishub, Pramuka, Damkar, PLN, Dinkes, Senkom, Jasa Raharja, PMI, Basarnas dan Adpel.

"Pada bagian ini dikedepankan kegiatan-kegiatan preentif dan preventif yang didalamnya ada edukasi untuk masyarakat," kata Harry, Jumat (23/12/2022). 

Baca: PLN Siapkan 78 Ribu Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Nataru

Untuk mendukung pengamanan, sebanyak 55 pos didirikan oleh Polda Kepri. Pos tersebut terdiri dari pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu. 

Sejumlah pos tersebut tersebar di beberapa titik wilayah Kepri, pengamanannya akan dilaksanakan terhitung sejak tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"55 pos kita dirikan, pos pengamanan sebanyak 26 titik di lokasi rekreasi dan wisata, 13 pos di pusat perbelanjaan dan 3 pos di pelabuhan. Pos pelayanan ada 13 titik dan pos terpadu ada 8 pos," ujarnya.

Sementara, untuk di Kepri terdapat 44 Gereja yang mendapatkan prioritas pengamanan dalam Operasi Lilin Seligi 2023. Sebagai pertimbangan yakni gereja yang melaksanakan ibadah saat Natal dan tahun baru. 

"Pengamanan dilakukan di 414 yang melaksanakan natal ada 395. Yang melaksanakan kegiatan tahun baru ada 385 dan 11 gereja tak ada kegiatan," sebutnya. 

Baca: Polresta Tanjungpinang Siapkan Pengamanan Nataru, Personel Diberi Pelatihan

Sedangkan pengamanan Operasi Lilin Seligi 2022 juga dilaksanakan di pusat wilayah perairan. Kapal polisi dan instansi terkait akan dikerahkan untuk patroli. 

"Kita kerahkan jajaran Ditpolairud di perairan, bekerja sama dengan BMKG dalam update informasi perkiraan cuaca disamping itu juga kita kerahkan kapal-kapal patroli," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews