Lima Gejala Covid-19 Varian Terbaru, Batuk hingga Sakit Kepala

Lima Gejala Covid-19 Varian Terbaru, Batuk hingga Sakit Kepala

Ilustrasi

Jakarta - Covid-19 atau virus Corona masih menghantui Indonesia. Berbagai subvarian anyar dari Omicron bermunculan, menimbulkan banyak kasus baru. Anda pun perlu mengetahui beberapa gejala Covid-19 varian terbaru berikut ini.

Covid-19 adalah penyakit menular yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini menular melalui tetesan pernapasan atau droplet, tapi bisa juga menyebar melalui udara.

Omicron adalah varian SARS-CoV-2 yang kini paling merajalela. Varian ini berkontribusi pada sebagian besar kasus penularan Covid-19 dalam beberapa waktu ke belakang.

Pada dasarnya, gejala Covid-19 yang disebabkan varian Omicron cenderung ringan. Bahkan, gejalanya disebut-sebut sangat mirip dengan flu biasa.

Berikut beberapa gejala Covid-19 varian terbaru yang perlu diketahui.

1. Demam

Dokter di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Praseno Hadi mengungkapkan gejala Covid-19 yang sering muncul adalah demam. Pada umumnya, seseorang dapat dikatakan demam jika suhu tubuhnya berada lebih dari 37,5 derajat Celcius.

Namun, masing-masing orang memiliki suhu badan normal yang berbeda-beda. Seseorang juga bisa dikatakan demam saat suhu tercatat 1,1 derajat Celcius lebih tinggi daripada suhu tubuh normal.

 

2. Batuk kering

Selain demam, gejala lainnya yang sering muncul adalah batuk kering. Batuk jenis ini tak akan memicu produksi dahak, melainkan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. Batuk merupakan respons tubuh untuk mengeluarkan patogen asing yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya virus.

Kendati begitu, Hadi menekankan gejala demam dan batuk yang kerap terjadi pada penderita Covid-19 varian baru tidaklah berat.

"Gejala-gejala ini juga bisa sembuh dalam tiga atau lima hari setelah dinyatakan positif," kata Hadi, beberapa waktu lalu.

3. Nyeri otot dan sendi

Nyeri otot jadi gejala yang cukup khas dari varian Omicron. Nyeri otot akan terasa seperti pegal linu yang membuat tubuh terasa lemas seolah kehilangan tenaga.

"Demam yang disertai nyeri otot. Nyeri otot itu jadi salah satu gejala Covid-19," ucap Hadi.

4. Pilek

Pilek juga jadi salah satu gejala varian terbaru yang perlu diwaspadai. Sayangnya, gejala ini sangat mirip dengan flu biasa. Untuk itu, Anda disarankan melakukan uji swab antigen atau PCR agar bisa memastikannya.

5. Sakit kepala

Penderita Covid-19 varian baru kini kerap mengeluhkan sakit kepala. Sakit kepala terasa seperti pusing, berdenyut, hingga tertekan. Kondisi ini pada umumnya muncul sebagai reaksi tubuh terhadap peradangan, yang timbul karena tubuh tengah melawan virus.

Itulah gejala-gejala Covid-19 varian baru yang paling sering dikeluhkan pasien. Jangan lupa agar tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penyakit ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews