Rutan Karimun Usulkan 12 Warga Binaan Terima Remisi Natal dan Tahun Baru

Rutan Karimun Usulkan 12 Warga Binaan Terima Remisi Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, mengusulkan sebanyak 12 warga binaan menerima remisi khusus Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

Remisi Khusus merupakan pemotongan masa tahanan yang diberikan kepada warga binaan atau anak yang berkonflik dengan hukum.

Kemudian, dikarenakan adanya hari besar keagamaan yang dianut oleh warga binaan atau anak yang berkonflik dengan hukum, maka akan direkomendasikan mendapat remisi satu kali dalam setahun bagi setiap agama.

Untuk mendapatkan remisi tersebut, adalah bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif. Adapun besaran diberikan, antara lain 15 hari hingga 1 bulan.

"Usulan kami kepada Kemenkumham ada 12 orang napi, mereka telah memenuhi syarat untuk diberikan remisi," kata Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Yogi Suhara, belum lama ini.

Baca: Napi di Rutan Batam Terima Remisi Kemerdekaan, 20 Orang Langsung Bebas

Dijelaskannya bahwa, syarat bagi narapidana atau warga binaan untuk mendapatkan remisi, minimal telah menjalani masa tahanan selama 6 bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan negara.

Besaran remisi yang diberikan tersebut bervariatif, antara lain ada sembilan orang mendapatkan potongan masa tahanan selama 1 bulan dan tiga lainnya selama 15 hari.

"Yang diusulkan 5 dari kasus narkotika, 4 kasus pencurian dan 3 kasus perlindungan anak," ujarnya.

Yogi mengatakan, remisi yang diberikan, diharapkan dapat memotivasi warga binaan untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari.

"Sebagai apresiasi atas perilaku mereka yang tidak melanggar aturan, yang ikut dalam program pembinaan, dan tentu semua sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, " katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews