Antisipasi Penyelundupan Senjata Rakitan ke Sel, Petugas Rutan Dilatih Lanal Karimun

Antisipasi Penyelundupan Senjata Rakitan ke Sel, Petugas Rutan Dilatih Lanal Karimun

Petugas Rutan Karimun dilatih Anggota Lanal Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Mengasah kemampuan akurasi, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) dan Petugas Rumah Tahanan Klas II B Kabupaten Karimun melakukan latihan menembak.

Latihan menembak itu digelar di Lapangan Tembak Yonif Raider Khusus 136/ TS Kompi Senapan B, Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Rabu dan Kamis (23-24/11/2022) kemarin.

Dilakukannya latihan menembak tersebut, guna mengasah kemampuan setiap anggota agar pada saat waktu darurat tidak lagi grasak-grusuk dalam penggunaan senjata.

Baca juga: Peringati HUT ke-25, Lanal Karimun Potong 7 Tumpeng dan 27 Ingkung Ayam

Komandan Lanal TBK, Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, setiap anggota diharapkan benar-benar berlatih agar dapat menembak hingga sasaran tercapai.

"Lakukanlah dengan teknik nafas, bidik, tekan, picu, lalu peluru dipastikan menembus sasaran tembak. Yang mana sasarannya harus tercapai," kata Danlanal Letkol Joko.

Selain itu, menurut Danlanal Joko, seluruh  pihak harus siap jika terjadi pengerahan warga negara dalam rangka mobilisasi umum untuk kepentingan keamanan dan pertahanan negara.

Baca juga: Lanal Karimun Inisiasi Gerakan Bersih-bersih Limbah Tisu di Pantai Pongkar

"Karena pada saat nanti negara kontijensi, kita melaksanakan mobilisasi umum, mau nggak mau harus turun,” ucap Danlanal.

Sementara itu, menurut Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal TBK, Kapten laut (p) Endy Kurniawan, dengan dilatihnya petugas Rutan Kelas II B TBK ini dapat membuat petugas Rutan lebih waspada dalam menghadapi penyelundupan senjata api yang dikhawatirkan akan masuk ke rutan dengan keadaan yang belum dirakit.

Maka, selain mengasah pengetahuan menembak, tujuan bongkar pasang senjata terutama untuk pegawai Rutan Karimun adalah mengenal bagian-bagian senjata, sehingga mereka lebih paham bagian-bagiannya.

 

"Disinyalir untuk penyelelundupan senjata sekarang sudah tidak dalam bentuk utuh, tetapi sudah terpotong-potong. Untuk itu mereka perlu untuk mengetahui tentang bagian-bagian senjata tersebut," ujar Pasops Endy

Kepala Rutan Kelas II B TBK, Yogi Suhara berterimakasih atas sinergi yang terjalin bersama Lanal TBK. 

"Ini merupakan bentuk sinergi antara Rutan Karimun dengan Lanal TBK yang telah menambah pengetahuan bagi petugas rutan dan pengenalan, bongkar pasang dan menembak senjata laras pendek dan panjang," ujar Yogi.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh prajurit Lanal TBK juga melakukan kegiatan rutin dalam mengasah profesionalisme, kemampuan dan ketrampilan menembak dengan menggunakan pistol dan laras panjang.

(aha)
Komentar Via Facebook :