Awas, Asap Lilin Dapat Menyebabkan 6 Penyakit Mematikan Ini

Awas, Asap Lilin Dapat Menyebabkan 6 Penyakit Mematikan Ini

BATAMNEWS.CO.ID - Lilin sering digunakan untuk menerangi ruangan ketika listrik padam. Lilin juga sering digunakan untuk merayakan ulang tahun. Padahal, asap lilin ternyata sangat berbahaya. Asap lilin dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang mematikan.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, lilin setidaknya mengandung 20 racun seperti trikloroetana, aseton, xylene, fenol, kresol, dan klorobenzena yang mampu menyebabkan kanker, berbagai macam iritasi pada paru-paru, serta kerusakan organ tubuh termasuk otak.

Selain bahaya tersebut, berikut adalah penyakit mematika yang disebabkan oleh asap lilin.

1. Masalah pernapasan
Parafin dalam lilin ternyata mampu memperburuk asma dan menyebabkan masalah pernapasan. Selain itu asap dari lilin juga dapat mengiritasi paru-paru.

2. Sakit kepala
Kebanyakan orang justru sakit kepala saat menghirup lilin, meskipun itu lilin aromaterapi. Hal ini disebabkan karena lilin mengandung bahan kimia berbahaya seperti benzena dan toluena.

3. Tumor ginjal
Asap dari lilin selain mengganggu kesehatan pernapasan juga dapat menyebabkan tumor ginjal. oleh karena itu para ahli kesehatan menyarankan agar Anda membatasi menghirup asap lilin.

4. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon
Menghirup asam lilin ternyata juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat kerusakan pada otak, paru-paru, serta hati. Hal ini terjadi karena lilin mengandung timbal yang membantu mereka agar tetap berdiri tegak.

5. Memicu reaksi alergi
Aroma sintetis di lilin ternyata dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan Anda dan meningkatkan sekresi pernapasan. Hal ini dapat berujung pada memicu reaksi alergi pada sebagian orang.

6. Kanker
Hal terburuk dari asap lilin adalah mampu menyebabkan kanker. Sebab asap lilin mengandung benzena dan toluena yang aromanya sebenarnya sama seperti Anda mencium aroma diesel.

Untuk menghindari bahaya tersebut, Anda bisa mencoba cara dengan memastikan bahwa sirkulasi udara di ruangan Anda lancar. Serta hindari menggunakan lilin beraroma

Sumber: Merdheka

[rul]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews