Suara Ledakan Mirip Bom di Batu Aji Batam, Ternyata dari Benda Berbahaya Ini 

Suara Ledakan Mirip Bom di Batu Aji Batam, Ternyata dari Benda Berbahaya Ini 

Barang bukti Rocket Parachute Flares yang diamankan Polda Kepri. Polisi menyertakan barang pembanding. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Polisi menemukan Rocket Parachute Flares dalam kasus dugaan ledakan bom di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Rabu (7/12/2022).

Dari foto barang bukti yang dirilis Gegana Polda Kepri, tampak benda berbentuk tabung bertuliskan Rocket Parachute Flares. Polisi belum memberikan keterangan dari mana benda itu berasal. Polda Kepri sempat menurunkan tim Jibom ke lokasi. 

Kejadian di Perumahan Pemda II, Kecamatan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau. Informasi tersebut sempat menghebohkan warga.

Baca juga: Geger! Suara Mirip Ledakan Bom di Batu Aji Batam, Ini Penjelasan Polisi

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt membenarkan kabar informasi tersebut. Namun ia mengklarifikasi bahwa ledakan tersebut bukan ledakan yang berasal dari sebuah bom. 

"Bukan ledakan bom, saya luruskan itu bukan ledakan bom," ujar Harry, Rabu (7/12/2022).

Menurutnya, suara ledakan itu berawal dari suatu benda yang diduga jatuh dari langit. Kemudian benda tersebut masuk ke dalam perkarangan rumah warga. 

Benda tersebut begitu jatuh langsung dalam keadaan terbakar. Namun benda itu sudah berhasil diamankan. Petugas kepolisian langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. 

"Itu adalah benda yang jatuh dari atas. Benda itu dalam pendalaman pihak Jibom Polda Kepri dan Polsek Batu Aji," terangnya.

Dikutip batamnews dari Indosports, Rocket Parachute Flares adalah alat berbentuk tabung yang ketika ditembakkan ke udara akan mengeluarkan parasut kecil dengan asap dan nyala api.

Parachute Rocket Flare atau roket pelontar cerawat pada dasarnya adalah benda pemantik pertolongan awak kapal karena alat ini memancarkan cahaya maupun asap. 

Sehingga tim penyelamat bisa melihat secara jelas dan dengan segera bisa memberikan pertolongan.

Roket pelontar cerawat biasanya berbentuk tabung. Umumnya ada di kapal dan pesawat untuk memberi sinyal di udara selama beberapa waktu lamanya.

Pernah disalahgunakan dalam pertandingan Timnas Indonesia

Benda yang bila disalahgunakan akan berbahaya bagi keselamatan seseorang tersebut ditemukan pada pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Fiji, Sabtu 2 September 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. 

Baca juga: Kronologi Aksi Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

Seseorang dari tribun selatan menyulut roket pelontar cerawat hingga menyebabkan korban jiwa bernama Catur Yuliantono (32). Roket pelontar cerawat tepat mengenai kepala korban hingga bersimbah darah. Nyawa pria yang beralamat di Duren Sawit, Jakarta Timur itu pun tidak tertolong dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Cara kerja roket pelontar cerawat terbilang ekstrem bila disalahgunakan. Benda itu terbang membawa api flare. Jika terbentur sesuatu, roket pelontar cerawat akan menyala dan mengeluarkan api.

(fox)
Komentar Via Facebook :