Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Batam hingga Akhir Desember

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Batam hingga Akhir Desember

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Cuaca di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sedang tak menentu. Kemungkinan besar menjelang awal tahun 2023 hujan akan sering turun.

Dalam beberapa hari terakhir ini, Batam memang kerap di guyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun mengungkapkan penyebabnya.

"Ini memang siklus akhir tahun sampai awal tahun. Tapi kami (BMKG) masih memprakirakan potensi hujan di Batam berlangsung sampai akhir Desember ini," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Hujan Deras di Batam, Banjir Rendam Simpang Kabil, Batam Centre Hingga depan Graha Kepri

Untuk wilayah Batam dan sekitarnya, BMKG prakiraan sampai akhir bulan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama pada dini hari hingga menjelang pagi.

Intensitas hujan di wilayah Batam lebih cenderung terjadi pada sore dan kemudian di dini hari. Wilayah yang paling berdampak akan itu yakni di Kecamatan Nongsa, Bengkong, Batuaji hingga Galang. Hal itu dikarenakan gerak awan hujan dari arah utara.

Untuk di laut, gelombang air saat ini masuk dalam kategori rendah dengan ketinggian rata-rata 0,5 sampai 1,25 meter. Suratman mengimbau kepada masyarakat dan juga nelayan untuk dapat memantau perubahan cuaca melalui laman BMKG Hang Nadim Batam agar dapat mengantisipasinya.

"Perubahan cuaca mendadak ini harus diwaspadai masyarakat. Sebab ini berdampak besar bagi mereka yang melakukan aktivitas di laut," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews