Hujan Deras di Batam, Banjir Rendam Simpang Kabil, Batam Centre Hingga depan Graha Kepri

Hujan Deras di Batam, Banjir Rendam Simpang Kabil, Batam Centre Hingga depan Graha Kepri

Banjir menggenangi kawasan Simpang Kabil dan Batam Centre pada Senin (5/12/2022) siang. (Foto: tangkapan layar video netizen)

Batam, Batamnews - Hujan deras mengguyur Kota Batam, Kepulauan Riau membuat sejumlah wilayah kembali terendam banjir pada Senin (5/12/2022).

Dari laporan jurnalisme warga, air menggenangi kawasan langganan banjir seperti Simpang Kabil, Simpang Helm Batam Centre, depan Graha Kepri, dan beberapa daerah lainnya.

"Yang mau ke arah Batam Centre dari Simpang Kepri Mall, hati-hati ya. Banjir gaes, banjir," kata seorang netizen dalam sebuah video  yang dikirimkan kepada Batamnews.

Dalam video tersebut tampak sejumlah kendaraan roda empat menerjang banjir yang menggenangi ruas jalan di depan SPBU Plamo.

Baca: Kebanjiran, Warga Sambau Batam Keluhkan Penutupan Gorong-gorong Perum Puri Sasmaya

Sementara di Simpang Helm, sejumlah kendaraan terpaksa berputar arah atau mengambil lajur berlawanan lantara ruas jalan menuju simpang Kalista banjir.

Banjir juga menggenangi ruas jalan di seberang Grand Niaga Mas, Batam Centre dari arah kawasan industri Tunas. Genangan disebabkan luapan air dari drainase yang tak mampu menampung debit air hujan.

Kawasan lainnya yang terendam banjir adalah ruas jalan rusak di Legenda Point, Batam Kota.

"Bukan Batam kalau hujan gak banjir," sindir seorang warga.

Baca: Jalan di Depan Kantor Wali Kota Batam Banjir, Netizen: Harusnya Pemerintah Sudah Sadar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Hang Nadim memprediksi hujan akan lebih sering terjadi di Batam hingga awal 2023 mendatang, baik intensitas sedang hingga lebat. 

"Ini memang siklus akhir tahun sampai awal tahun. Tapi kami (BMKG) masih memprakirakan potensi hujan di Batam berlangsung sampai akhir Desember ini," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, Senin (5/12/2022).

Selanjutnya...

 

Untuk wilayah Batam dan sekitarnya, BMKG memprakirakan sampai akhir bulan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama pada dini hari hingga menjelang pagi. 

Intensitas hujan di wilayah Batam lebih cenderung terjadi pada sore dan kemudian di dini hari. 

Wilayah yang paling berdampak akan itu yakni di Kecamatan Nongsa, Bengkong, Batuaji hingga Galang. Hal itu dikarenakan gerak awan hujan dari arah utara.

Untuk di laut, gelombang air saat ini masuk dalam kategori rendah dengan ketinggian rata-rata 0,5 sampai 1,25 meter.

Suratman mengimbau kepada masyarakat dan juga nelayan untuk dapat memantau perubahan cuaca melalui laman BMKG Hang Nadim Batam agar dapat mengantisipasi.

"Perubahan cuaca mendadak ini harus diwaspadai masyarakat. Sebab ini berdampak besar bagi mereka yang beraktivitas di laut," tutupnya. 

(jun)
Komentar Via Facebook :