Nelayan Karimun Diminta Waspadai Perubahan Cuaca saat Melaut

Nelayan Karimun Diminta Waspadai Perubahan Cuaca saat Melaut

Nelayan menerima bantuan life jacket dari Satpolairud Polres Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Kalangan nelayan di Kabupaten Karimun, Kepulauan diimbau mewaspadai perubahan cuaca saat mencari ikan.

Imbauan ini disampaikan oleh Satpolairud Polres Karimun. Nelayan juga diingatkan agar mengutamakan keselamatan saat melaut dengan membekali diri alat-alat keselamatan yang memadai.

Petugas Satpolairud Polres Karimun melakukan jemput bola dalam menyampaikan imbauan ini dengan mendatangi ke tempat nelayan-nelayan yang berkumpul sebelum melaut.

"Kita secara langsung mendatangi nelayan-nelayan untuk memberikan imbauan agar selalu waspada dan hati-hati saat melaut, lantaran kondisi cuaca yang saat ini tak menentu," kata Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir, Selasa (22/11/2022).

Kemudian, para nelayan yang didatangi tidak hanya diberikan imbauan. Satpolairud juga membagikan alat keselamatan berupa life jacket.

"Kita juga berikan life jacket pada nelayan, yang sangat kami harapkan dapat dipakai selalu saat melaut," ujar Binsar.

Sehingga, jika pada saat melaut dan terjadi hal-hal di luar dugaan, dapat langsung diantisipasi lantaran telah menggunakan alat keselamatan.

Selain itu, jika terjadinya kecelakaan laut, nelayan hendaknya dapat sesegera mungkin memberikan infomasi pada petugas.

Diketahui, wilayah Kabupaten dalam beberapa waktu belakangan mengalami perubahan cuaca yang tidak menentu.

Hujan yang disertai dengan angin kencang melanda Karimun, sehingga membuat gelombang air laut cukup kuat dan membahayakan bagi pengguna jasa laut.

(aha)
Komentar Via Facebook :