Warganet Murka, Akun Ini Body Shaming Iriana Jokowi

Warganet Murka, Akun Ini Body Shaming Iriana Jokowi

Akun @KoprofilJati Body Shamming Ibu Negara Iriana Jokowi

Jakarta - Nama Ibu Negara Iriana Jokowi pada Kamis sore, 17 November 2022, mendadak jadi trending topic pertama di Twitter.

Usut punya usut, nama Iriana Jokowi menjadi bahan perbincangan warganet setelah salah akun bernama @KoprofilJati melakukan celaan fisik alias body shamming terhadap dirinya.

Akun @KoprofilJati mengunggah foto Iriana bersama Madam Kim Keon Hee, istri Presiden Korea Selatan, Yoon Seok Yeol.

Baca juga: Nyanyi di HUT ke-77 RI, Farel Prayoga Sukses Bikin Iriana hingga Prabowo Joget

Namun, bukannya pujian yang dilontarkan, sang pemilik akun justru menulis keterangan yang seolah-olah menggambarkan Iriana Jokowi adalah pembantu Kim Keon Hee.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum."

"Baik, nyonya," begitulah bunyi caption yang ditulisnya.

Baca juga: Dikaitkan dengan Emak-emak Viral Hina Iriana Jokowi, Kenali Jenis-jenis ODGJ

 Setelah unggahan tersebut viral, bahkan sampai diperbincangkan di banyak akun-akun base, @KoprofilJati kembali membuat unggahan pembelaaan.

"Sorry, gaes. Postingan dengan gambar ibu negara saya hapus. Kayaknya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut," tulisnya.

"Menjadi ibu negara enggak ada hubungannya dengan tampilan fisik. Semua orang tahu itu fakta. Semua ras dan suku bangsa itu setara,"

Baca juga: Kenapa Ibu Negara Iriana Jarang Terlihat Mendamping Jokowi?

"Justru kebiasaan masyarakat kita yang suka menilai sesuatu dari tampilan fisik. Itu sepatutnya jadi bahan ejekan," pungkasnya.

 Postingan foto Iriana Jokowi bersama Madan Kim Keon Hee pun sampai ke sang putra, Kaesang Pangarep. Melalui akun Twitter pribadinya, @kaesangp, dia merespons tuit @KoprofilJati.

"Lha terus maksudmu gimana," ujar Kaesang Pangarep.

Postingan itu sudah dihapus. Namun, unggahan tersebut keburu tersebar di banyak akun, salah satunya akun @tanyakanrl.

Akun @tanyakanrl kembali mengunggah tuit hinaan itu dengan keterangan sebagai berikut.

"Yang kayak begini kadang bikin setuju sama pasal penghinaan terhadap kepala negara. Sebencinya sama presiden, dia itu tetap istri presiden, ibu negara. Buat yang bilang cuma joke, joke ada batasnya," tulisnya.

Unggahan yang tayang sejak pukul 11:45 WIB ini disukai (likes) lebih dari 19,4 akun dan dibagikan oleh 1.400 akun.

Selanjutnya: Amarah Warganet...

 

Warganet yang mengetahui hal itu pun sontak menjadi marah. Bahkan, tak sedikit yang mengatakan agar pemilik akun yang melakukan body shamming terhadap Iriana Jokowi diproses secara hukum.

"Bayangin kalau yang di sampingnya itu emak lo sendiri, terus ada yang nge-joke kayak begini, masih terima enggak, tuh? Benar-benar halal untuk digeplak pakai garpu taman," tulis @dreamers****

"Sadar enggak sih kalau kayak begini masuknya rasis juga? Pas ada orang Indonesia kena rasis di luar negeri (apalagi Korea dan Jepang) pada marah-marah. Padahal, orang Indonesia saja masih ada yang rasis," tulis akun @feliscat****

"Seanjlok-anjloknya humor gua, yang ini enggak bisa bikin gue ketawa alias enggak lucu, dasar gila," tulis @lostxqveen.

Ada juga warganet yang mengingatkan bahwa mengkritisi beda dengan menghina. Sebagai masyarakat, boleh mengkritisi sesuatu dari apa yang dilakukan Jokowi sebagai Presiden.

Namun, tak lantas kita bisa dengan bebas menghina Ibu Negara.

"Gue dulu pengkritisi berat Pak Jokowi. Makin dewasa, sangat amat banyak hal yang gw enggak setujui dari beliau tapi gue tahu ya dia Kepala Negara. Ini pula Bu Iriana. Kenapa sih? Lo orang Indonesia, tapi sukanya menghina bangsa sendiri. Gila gila orang putih. Lihat orang putih sedikit, buta," tulis akun @anya****

Akun @Petric**** lalu meresponsnya dengan mengatakan,"Lagian mau beliau Ibu Negara atau enggak, enggak pantas sih bercandain orang tua kayak begitu. Dasar ngabers bloon.".

(fox)
Komentar Via Facebook :