Tiga Hari Job Fair 2022 di Batam, Total Pencaker Capai 12 Ribu Orang

Tiga Hari Job Fair 2022 di Batam, Total Pencaker Capai 12 Ribu Orang

Suasana Job Fair Hari Ketiga di Lapangan Futsal SP.

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti memperkirakan jumlah pencari kerja (pencaker) pada Job Fair 2022 mencapai 12 ribu orang. Job Fair telah dilaksanakan dari 7-9 November 2022.

“Belum (ditotal), tapi kami prediksi sekitar 12 ribu orang (pencaker) dalam tiga hari ini,” ujar Rudi.

Prediksi jumlah pencaker itu berdasarkan nomor antrian pendaftaran. Namun untuk angka pastinya, Rudi mengungkapkan angka itu baru diketahui setelah panitia melakukan pendataan.

Baca juga: Apindo Kepri Miris Pencaker Desak-desakan saat Job Fair, Siapkan Platform Online

“Hari pertama sekitar 4 ribu, hari kedua sekitar 6 ribu dan hari ini sekitar 2 ribu lebih,” sebutnya.

Untuk total berkas lamaran selama Job Fair, Rudi memperkirakan jumlahnya lebih dari 24 ribu. Karena setiap pencaker hanya bisa melamar dua perusahaan yang berbeda.

Selanjutnya berkas lamaran tersebut akan disortir oleh pihak panitia. Dan kemudian akan diserahkan ke masing-masing perusahaan yang dituju oleh pelamar.

“Kami data dulu, diproses terus diserahkan ke perusahaan,” katanya.

Baca juga: Mulai Sepi, Jumlah Pencaker di Hari Terakhir Job Fair Batam 2022 Jauh Berkurang

Sementara itu, Rudi mengaku dari pihak PT SMOE Indonesia membutuhkan segera berkas lamaran yang ada, karena mereka membutuhkan beberapa posisi tertentu untuk segera diisi.

“Ada beberapa posisi yang akan segera dipanggil, seperti welder atau fitter, mungkin dalam minggu ini,” katanya.

Selama tiga hari pelaksanaan Job Fair, Rudi mengungkapkan posisi sebagai operator produksi yang paling diminati. Sedangkan posisi tersebut yang dibutuhkan perusahaan hanya sedikit.

“Paling banyak, padahal yang dibutuhkan hanya 200-an orang, tapi yang melamar bisa mencapai ribuan orang dan paling banyak melamar ke PT Pegaunihan Technology dan PT Infineon Technology,” pungkasnya.

(ret)
Komentar Via Facebook :