30 Anggota Panwascam Bintan Dilantik, Bawaslu: Jangan Terlibat Politik Praktis

30 Anggota Panwascam Bintan Dilantik, Bawaslu: Jangan Terlibat Politik Praktis

Pelantikan anggota panwascam se-Kabupaten Bintan, Sabtu (29/10/2022). (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Bawaslu Bintan melantik 30 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau di Gedung Convention Bhadra Resort, Km 26, Kecamatan Toapaya, Sabtu (29/10/2022). 

Ketua Bawaslu Bintan, Ondi Dobi Susanto, mengatakan awalnya pelamar panwascam untuk di 10 kecamatan ini berjumlah 164 orang. Kemudian dilakukan seleksi administrasi menjadi 157 orang dan saat proses wawancara yang lulus 60 orang.

"Tahapan terakhir yang terpilih adalah 30 orang. Masing-masing kecamatan itu tiga orang," ujar Ondi usai melantik anggota panwascam.

Anggota panwascam yang dilantik itu terdiri dari 27 pria dan 3 wanita. Dari total itu, sebanyak 15 orang merupakan incumben dan 15 orang lagi orang baru. Mereka semua telah diambil sumpah dalam menjalankan amanahnya dan juga menandatangani fakta integritas.

Panwascam yang terpilih sudah langsung bertugas pada hari ini juga. Maka diminta mereka cepat menyesuaikan diri dan segera menguasai aturan serta perundang-undangan.

Karena mereka harus mengikuti tahapan pemilu serentak 2024 yang telah berlangsung, yaitu dimulai dari verifikasi faktual keanggotaan partai politik (parpol) dan pemutakhiran data pemilih di kecamatan masing-masing.

"Seiring menjalankan tugas mereka juga harus langsung pembentukan sekretariat. Jadi setiap sekretariat nantinya ada 10 orang. Tiga orang komisioner panwascam, dua orang sekretariat dan lima orang staf," katanya.

Apabila selama menjalankan tugas mereka tersangkut atau terlibat dengan kasus pidana, kemudian juga kedapatan berpolitik praktis maka Bawaslu Bintan akan melakukam pemecatan terhadap mereka. Lalu menggantikan posisnya dengan yang baru atau dilakukan Pergantian Antara Waktu (PAW).

Sebaliknya jika bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi maka pengabdian mereka akan berjalan sampai dengan Pemilu 2024 mendatang 

"Jika panwascam kedapatan berpolitik maka akan kita pecat. Jadi kita minta kepada masyarakat apabila mendapati kasus seperti itu segera melaporkan ke Bawaslu Bintan dengan bukti yang lengkap. Pastinya segera akan kita tindak," ucapnya.

Adapun Anggota Panwascam di 10 kecamatan yang dilantik hari ini meliputi Panwascam Bintan Timur Candra Gunawan Marisi, Iskandar, Muchammad Musa. Panwascam Bintan Pesisir Henrikho, Khaidir, Purwati Ningsih. Panwascam Bintan Utara  Kurniawan, Pebri Pujiyanto, Siswoyo. Panwascam Tambelan Frandinata, Jerri Mijdafi, Mohammad Zain.

Berikutnya Panwascam Mantang Asmadi, Sarini, Syafitra. Panwascam Seri Kuala Lobam Arum Handayani, Chrisman, Fuat Susanto. Panwascam Teluk Bintan Idrus, Mukhamat Musamil, Ramli.

Lalu Panwascam Gunung Kijang Farleos Nardo, Nursyahadar, Taufik. Panwascam Teluk Sebong Bayu Hendro, Bodrisal, La Ode Edi serta Panwascam Toapaya Radiston Sirait, Rusman, Syafei.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews