Sempat Dikarantina, Panwascam Teluk Sebong Negatif Corona

Sempat Dikarantina, Panwascam Teluk Sebong Negatif Corona

Tes swab anggota Panwascam di Bintan, beberapa waktu lalu. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Panwascam Teluk Sebong, Bayu Hendro yang sempat dikarantina mandiri akibat reaktif saat menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) beberapa waktu lalu akan segera kembali bertugas untuk mengawasi proses tahapan Pilkada Serentak 2020. 

Komisioner Bawaslu Bintan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Ondi Dobi Susanto mengatakan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan telah menyatakan Bayu Hendro negatif terpapar Covid-19. 

"Alhamdulillah seorang panwascam dinyatakan tidak terpapar dengan virus corona," ujar Ondi, Kamis (23/7/2020).

Bawaslu Bintan, kata Ondi, telah menggelar RDT bersama Dinkes Bintan di RSUD Bintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (15/7/2020). 

Dari 86 orang yang terdiri dari panwascam dan pengawas keluarahan dan desa (PKD) hanya satu orang yang reaktif Covid-19.

Lalu panwascam tersebut diminta melakukan karantina mandiri. Kemudian bersangkutan menjalani cek kesehatan tahap lanjutan yaitu tes Polymerase Chain Reaction (PCR). 

"Hasil tes PCR menyatakan panwascam tersebut negatif. Jadi bersangkutan bisa kembali bekerja," katanya.

Meskipun dinyatakan negatif Covid-19, diminta panwascam tersebut untuk selalu menjaga kesehatannya. Lalu gunakan masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer serta jaga jarak dengan lainnya.

"Ingat patuhi protokol kesehatan selama menjalankan tugasnya maupun dalam kesehariannya, agar mencegah terjadinya penularan wabah tersebut," jelasnya.

Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni membenarkan jika panwascam yang dinyatakan reaktif Covid-19 saat RDT 15 Juli lalu di RSUD Bintan telah menjalani cek PCR sebanyak dua kali.

"Awalnya reaktif. Lalu diambil swabnya dua kali untuk cek PCR dan hasil kedua-duanya dinyatakan negatif," ucapnya.

(ary)