Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan di Kepri, Lingga Nihil

Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan di Kepri, Lingga Nihil

Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Lingga, Batamnews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mencatat ada 7 kasus gagal ginjal pada anak. Dengan rincian 6 orang meninggal dunia dan satu orang dirawat per Selasa (25/10/2022).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lingga, dr Indra Jaya yang sekaligus merupakan dokter spesialis anak ini mengungkapkan, khusus di Lingga hingga kini nihil atau belum ditemukan kasus tersebut.

"Saat ini Lingga belum ada laporan kasus, tapi bukan tidak mungkin akan ada. IDI melalui Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang kemudian ditindaklanjuti dari Kemenkes telah menerbitkan tatalaksana gangguan ginjal akut atipikal ini," ujar dia ketika dikonfirmasi Batamnews.

Baca juga: Kemenkes Instruksikan Seluruh Apotek Setop Sementara Jual Obat Sirup, Termasuk di Lingga

Ia menyebut, IDI telah melakukan berbagai tahapan demi mewaspadai meningkatnya angka kasus tersebut.

"Dari IDI, kami telah sosialisasikan kepada seluruh anggota khususnya yang bertugas di puskesmas untuk kemudian mensosialisasikan kepada seluruh tenaga kesehatan di wilayahnya masing-masing untuk meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Indra menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menjaga kebiasaan sehat, serta khususnya untuk anak-anak usia kurang dari 18 tahun untuk lebih menjaga pola hidup sehatnya.

"Kepada seluruh masyarakat, kami mengimbau untuk tetap menjaga kebiasaan sehat, serta khusus untuk anak anak kita yang usianya kurang dari 18 tahun, apabila ada gejala-gejala demam yang memanjang 7 sampai 14 hari, ada gangguan saluran cerna diare dan atau muntah, gejala saluran nafas (batuk/pilek), dan disertai berkurang atau tidak adanya kencing, segera memeriksakan diri ke fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat," imbaunya.

(Cr1)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews