Bank Indonesia Bantu 1.000 Bibit Cabai pada Kelompok Tani Wanita di Bintan

Bank Indonesia Bantu 1.000 Bibit Cabai pada Kelompok Tani Wanita di Bintan

Foto: Ary/Batamnews

Bintan, Batamnews - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri menyerahkan 1.000 bibit cabai merah ke Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kabupaten Bintan. 

Penyerahan bibit cabai tersebut sebagai bentuk dukungan ketahanan pangan dan juga upaya BI untuk menekan inflasi di Kabupaten Bintan.

Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi Daerah BI Perwakilan Kepri, Miftachul Choiri, mengatakan ada 14.000 bibit cabai yang diserahkan ke seluruh kabupaten/kota di Kepri. Untuk di Kabupaten Bintan sendiri mendapatkan pendistribusian sebanyak 1.000 bibit.

Baca juga: Bank Indonesia Kepri Edukasi Guru-guru di Batam soal Uang Baru

"Untuk di Bintan sasarannya adalah ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam KWT. Kita dukung ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam cabai tersebut," ujar Miftachul di Balai Pertemuan Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, Kamis (27/10/2022).

Untuk pengembangan cabai tersebut pihak BI berkolaborasi dengan DKPP dan PKK Bintan. Nantinya para ibu-ibu rumah tangga tersebut mendapatkan pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Dalam pelatihan tersebut, ibu-ibu diajarkan cara memanfaatkan perkarangan dalam menanam, mengembangkan dan melestarikan tanaman cabai tersebut. Sehingga dengan tanaman tersebut dapat memenuhi kebutuhan serta menambah pendapatan.

Baca juga: Bank Indonesia Klaim Pertumbuhan Ekonomi Kepri Triwulan IV 2021 Membaik

"Cabai ini salah satu penyumbang inflasi terbesar di Kepri. Maka melalui program meningkatkan ketahanan pangan ini kita ingin ibu-ibu bisa mandiri sekaligus juga dapat menekan inflasi," jelasnya.

Nantinya cabai yang ditanam oleh ibu-ibu tersebut akan dinilai oleh timnya. Bagi ibu-ibu yang berhasil mengembangkan cabai tersebut akan mendapatkan reward dari BI Perwakilan Kepri.

"Kita ingin memacu semangat ibu-ibu juga. Jadi bagi yang berhasil mengembangkan cabai ini akan mendapatkan bantuan dari BI Perwakilan Kepri," katanya.

 

Sementara itu ketu TP PKK Bintan, Hafizha Ramadhani Putri mengapresiasi BI Perwakilan Kepri yang memberikan bantuan cabai kepada KWT di Bintan. Diharapkan bantuan cabai tersebut dapat bermanfaat bagi rumah tangga.

Nantinya PKK Bintan juga akan memberikan hadiah khusus bagi ibu-ibu KWT yang berhasil menanam dan mengembangkan cabai tersebut di perkarangan rumah.

"Kita ucapkan terimakasih banyak kepada Bank Indonesia yang sudah memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Wanita di Bintan. Semoga bantuan ini berkelanjutan," sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews