Mulai 2023, Transaksi Belanja di Singapura Bisa Pakai Mata Uang Rupiah

Mulai 2023, Transaksi Belanja di Singapura Bisa Pakai Mata Uang Rupiah

Ilustrasi. (Foto: qris.id)

Jakarta - Warga Indonesia yang melancong ke Singapura bisa bertransaksi belanja menggunakan mata uang rupiah mulai tahun 2023.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut, saat ini Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan BI FAST sudah bisa digunakan di Thailand, dan saat ini sedang melakukan uji coba dengan Malaysia.

"Tahun depan dengan Singapura, dan tahun kemudian dengan Filipina. Lima negara ASEAN akan tersambung dengan QR, BI FAST, dan bayarnya local currency, langsung rupiah ke Singapura. Bayangkan," jelas Perry dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (9/9/2022).

"Orang Malaysia jadi turis (di Indonesia), langsung pakai QR dan pake BI FAST, ringgit rupiah nyambung second within second," ujar Perry lagi.

Baca: BI Hadirkan QRIS sebagai Standar Nasional Pembayaran Non Tunai

Sebelumnya, Bank Indonesia melaporkan, kerjasama pembayaran berbasis kode QR lintas negara (cross-border QR payment linkage) dengan Singapura ditargetkan untuk diluncurkan pada paruh kedua 2023.

Dengan adanya kerja sama pembayaran ini maka akan memungkinkan masyarakat Indonesia menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) saat berbelanja di Singapura. Sedangkan masyarakat Singapura menggunakan QR NETS saat berbelanja di Indonesia.

Adanya kerja sama antara bank sentral di ASEAN diharapkan dapat memberdayakan individu dan bisnis terutama di sektor UMKM untuk melakukan perdagangan lintas negara, e-commerce, dan transaksi keuangan lainnya secara efisien.

Selain itu, kerja sama sistem pembayaran ini juga akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, seiring dengan kembali aktifnya arus perjalanan internasional.

Baca: Tips untuk Pedagang Hindari Modus Penipuan dengan QRIS

Adapun saat ini BI dan Bank Sentral Thailand (BoT) telah resmi meluncurkan implementasi penuh pembayaran berbasis QR code lintas negara.

BI bersama BoT telah bekerja sama untuk uji coba pembayaran QR lintas negara sejak Agustus tahun lalu. Namun implementasi secara penuh baru resmi diluncurkan pada 29 Agustus 2022.

Dengan demikian, masyarakat Indonesia yang sedang berlibur di Thailand bisa bertransaksi dengan standar QR code negara tersebut, sebaliknya turis asal Thailand bisa berbelanja di Indonesia hanya dengan memindai QRIS.