BI Ungkap Keunggulan Uang Kertas Baru Emisi 2022: Sulit Dipalsukan

BI Ungkap Keunggulan Uang Kertas Baru Emisi 2022: Sulit Dipalsukan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau Musni Hardi K. Atmaja. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Uang kertas tahun emisi 2022 mulai beredar di Kepulauan Riau (Kepri) sejak diluncurkan oleh Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan pada Kamis (18/8/2022). 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau Musni Hardi K. Atmaja mengatakan dikeluarkan uang kertas baru ini merupakan amanah untuk menghasilkan uang yang berkualistas. 

“Bank Indonesia terus melakukan evaluasi, dan penguatan uang rupiah,” ujarnya di Batam, Jumat (19/8/2022). 

Baca: Warga Kepri Bisa Tukar Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022 Mulai Hari Ini

Penguatan uang rupiah yang dimaksud menyangkut 3 aspek, yaitu dari sisi desain. Uang kertas tahun emisi 2022 hadir dengan warna yang lebih tajam dan lebih cerah. 

Dari aspek keamanan, uang kertas tahun emisi disempurnakan pengamanannya menggunakan teknologi terkini. Serta aspek terakhir yaitu bahan uang yang berkualitas, agar lebih bagus dan tahan lebih lama. 

“Kita mengharapkan dapat menyediakan uang berkualitas dan terpercaya, meningkatkan keamanan dan semakin meningkatkan juga uang rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa,” jelasnya. 

Musni menyampaikan, uang kertas tahun emisi 2022 dapat ditarik oleh masyarakat melalui perbankan. Selain itu, Bank Indonesia perwakilan Kepri juga turut menyelenggarakan penukaran uang di kas keliling. 

Baca: Catat, Ini Lokasi Penukaran Uang Kertas Baru Emisi 2022 di Batam

Masyarakat cukup melakukan pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id. 

“Kami membuka penukaran hari ini, hingga Selasa tanggal 23 Agustus mendatang di Kas Keliling yang ada di Pasar Pujabahari dan Pasar Fanindo,” katanya. 

Mengenai proses distribusi uang kertas tahun emisi 2022, Musni mengatakan uang tersebut diperoleh dari aktivitas penarikan dan penyetoran di bank. 

Per Jumat kemarin, uang yang ditarik melalui kas keliling mencapai Rp 800 juta dan yang ada di perbankan di Kepri mencapai Rp 39 miliar. 

“Uang kertas baru sudah dikeluarkan, kami mengimbau masyarakat untuk menjaga dan merawatnya,” kata dia.
 

(ret)
Komentar Via Facebook :