4 Calon Pengganti Park Hang Seo di Timnas Vietnam, Ada Mantan Pelatih Jepang

4 Calon Pengganti Park Hang Seo di Timnas Vietnam, Ada Mantan Pelatih Jepang

Park Hang Seo (Foto: Goal)

Jakarta, Batamnews - Park Hang Seo disebut tidak akan memperpanjang kontrak sebagai pelatih Timnas Vietnam tahun depan. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu memilih hengkang karena tekanan yang begitu besar.

Sejumlah nama pun disebut berpeluang menjadi pengganti Park Hang Seo. Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) saat ini sedang merumuskan sosok yang tepat untuk timnas Vietnam usai ditinggal Park Hang Seo.

Kontrak Park Hang Seo dengan Vietnam berakhir pada Januari 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu meninggalkan 'warisan' kuat untuk Vietnam berupa deretan gelar dan pencapaian apik di level Asia.

Karena dasar-dasar itu juga VFF tidak ingin salah jalan memilih pelatih The Golden Star Warriors. Dari rumor yang beredar, setidaknya sejumlah nama dianggap layak menjadi pengganti Park Hang Seo.

Meski demikian dikutip dari Vietnam Express, sejauh ini VFF tidak mempertimbangkan pelatih lokal guna melatih timnas Vietnam.

Berikut 4 Calon Pengganti Park Hang Seo:

1. Lee Yong Jin

Lee Yong Jin adalah asisten nomor satu Park Hang Seo. Lee disebut asisten paling lama yang bersama Hang Seo. Bahkan Park Hang Seo menyebut Lee sebagai 'otak' dari setiap racikannya untuk timnas Vietnam.

Dengan pengalaman panjang di level teratas, Lee bertanggung jawab atas rencana latihan, kompetisi, saran taktik, dan keputusan penting di lapangan. Semasa bermain Lee dua kali tampil di Piala Dunia bersama Korea Selatan, Piala Dunia 1990 dan 1994.

2. Gong Oh Kyun

Gong Oh Kyun adalah asisten baru Park Hang Seo yang datang ke Vietnam pada awal 2022. Gong membawa Vietnam U-23 ke perempat final Piala Asia.

Dia dianggap memiliki filosofi berbeda dari Park Hang Seo, yang mendorong pemainnya percaya diri memainkan bola. Gong adalah mantan asisten Shin Tae Yong di Timnas Indonesia yang mundur pada akhir 2020.

3. Philippe Troussier

Troussier adalah pelatih asal Prancis yang banyak pengalaman melatih tim nasional. Jepang menjadi salah satu tim yang pernah merasakan taktik jitu Troussier. Troussier juga punya pengalaman melatih Vietnam U-19 di masa pandemi Covid-19.

4. Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk kental dengan sepak bola Asia Tenggara. Pelatih asal Thailand itu juga dua kali membawa Gajah Perang juara di kawasan ASEAN. Dalam karier kepelatihannya, Kiatisuk beberapa kali menangani klub Vietnam, termasuk pada musim ini bersama HAGL.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews