Vaksin Corona di Batam 2 Pekan Kosong, Gubernur Ansar: Stok Pusat Juga Kosong

Vaksin Corona di Batam 2 Pekan Kosong, Gubernur Ansar: Stok Pusat Juga Kosong

Ilustrasi Vaksinasi (Getty Images/iStockphoto/MJimages)

Batam, Batamnews - Stok vaksin Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), sejak Senin (26/9/2022) hingga kini masih kosong. Terhitung sudah dua pekan vaksinasi Covid-19 tidak bisa dilaksanakan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Melda Sari mengatakan, pihaknya masih menunggu kiriman vaksin dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Belum ada, masih kosong,” ujar Melda, Senin (10/10/2022).

Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah Kabupaten/Kota lain di Kepri. Hanya Kota Tanjungpinang yang mendapat kiriman vaksin Covid-19, namun jumlahnya sangat sedikit.

Baca juga: Stok Vaksin di Batam Kosong, Apindo Kepri Sediakan Vaksin Gotong Royong Sinopharm

“Hanya 26 vial atau 260 dosis saja yang datang, yang datang sedikit,” ujar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Sabtu (8/10/2022) lalu.

Adapun jenis vaksin yang tiba di Kota Tanjungpinang merupakan jenis AstraZeneca. Walaupun begitu, Ansar mengaku realisasi capaian vaksinasi di Kepri sudah cukup menggembirakan.

Sehingga menurutnya kemungkinan besar, Kemenkes RI memprioritaskan daerah-daerah lain yang capaian vaksinasinya masih rendah.

"Kita sudah minta, tapi memang di pemerintah pusat stoknya kosong," katanya.

Sementara itu, terkait persyaratan perjalanan yang masih menggunakan vaksin akan dikaji ulang. Pasalnya memang stok vaksin Covid-19 di Kepri yang masih kosong.

"Kita akan pelajari dulu," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews