Menyantap Lezatnya Kuliner Lingga Lempeng Sagu Dipadu Kuah Ikan Gulai

Menyantap Lezatnya Kuliner Lingga Lempeng Sagu Dipadu Kuah Ikan Gulai

Lempeng sagu ditemani kuah ikan gulai. (Foto: Ruzi/Batamnews)

Lingga, Batamnews - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tidak hanya terkenal akan wisata sejarah dan budayanya. Kuliner yang lezat dan menarik juga patut jadi incaran Anda ketika berkunjung ke Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

Sebut saja salah satu kulinernya adalah Lempeng Sagu. Ya mungkin agak sedikit asing bagi Anda yang bukan orang Melayu Kepri umumnya. Tapi, kudapan yang satu ini patut Anda coba jika berwisata ke Lingga.

Lingga merupakan salah satu daerah penghasil sagu di Kepri. Jadi tak heran banyak kuliner dari daerah ini berbahan dasar sagu, ya salah satunya adalah lempeng sagu ini.

Baca juga: Rumah Kebun, Tempat Wisata Kekinian di Dabo Singkep yang Asyik dan Nyaman Buat Nongkrong

Kuliner dari sagu sudah dikenal sejak zaman Kesultanan Riau Lingga dulunya beribukota di Daik Lingga. Lempeng sagu adalah makanan yang berbentuk seperti roti dasar piza.

Namun, bedanya dengan piza asli yaitu lempeng sagu hanya dibuat dengan bahan utama sagu basah dan kelapa. Penganan yang satu ini memiliki kekhasan dari citarasanya.

Meskipun sangat jarang di jumpai sekarang ini, ternyata pada zaman dahulu, lempeng sagu sempat menjadi makanan sehari-hari masyarakat Melayu.

Lempeng sagu ini, tidak dimakan begitu saja, untuk mendapatkan cita rasa yang lezat, biasanya disandingkan dengan kuah ikan gulai, atau kuah ikan masak asam yang juga ciri khas masyarakat Melayu.

Baca juga: Tekad Wabup Lingga Neko Wesha Pawelloy Muluskan Jalan Senempek-Sambau

Di Kabupaten Lingga, untuk dapat menikmati lempeng sagu, selain membuat di rumah sendiri, juga ada dijual oleh pedagang di Pusat Kuliner Taman Tanjung Buton, Daik.

Jadi, jika ingin mencicipi keeksotisan lempeng sagu ini, silahkan Anda ke taman tersebut ketika sore hari, untuk menikmati piza khas tanah Melayu itu.

Bagi Anda yang penasaran dengan lempeng sagu, namun tidak tahu dimana jualannya, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain di Kabupaten Lingga, sejumlah daerah pesisir Riau yang daerahnya penghasil sagu juga mengenal makanan lempeng sagu ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews