Tips Menghemat Baterai iPhone yang Sudah Pakai iOS 16

Tips Menghemat Baterai iPhone yang Sudah Pakai iOS 16

iOS 16. (Foto: ist)

Jakarta - Apple sudah memperbarui sistem operasi atau iOS untuk seri iPhone tertentu. Kini, pengguna iPhone sudah menikmati iOS 16.

Namun, banyak pengguna telepon genggam produksi Apple ini mengeluhkan borosnya baterai ketika sudah update ke iOS 16.

Berikut beberapa caranya, dirangkum CNBC Indonesia dari MacRumors, Senin (26/9/2022):

1. Aplikasi Photo

Aplikasi ini menerapkan machine learning dan algoritme pengenalan wajah pada foto dan video. Selain itu aplikasi juga menggunakan chip seri A yang menjalankan operasional kompleks dan konsumsi baterai.

Baca: Daftar Lengkap Seri iPhone yang Kebagian Update iOS 16 Mulai Hari Ini

Pada iOS 16, fitur baru akan memunculkan foto duplikasi di library foto secara otomatis. Ini menggunakan pemrosesan di perangkat menelusuri ribuan gambar di perangkat dan mengidentifikasi kemungkinan duplikasi, sehingga proses tersebut memakan waktu dan juga daya baterai.

Makin banyak foto dan video akan makin lama waktu pemrosesan itu. Jadi seperti yang disarankan Apple adalah iPhone tetap terhubung semalaman dengan WiFi dan akan mengurangi beban pada baterai.

2. Spotlight Search Indexing

Untuk memberikan hasil pencarian konten hingga aplikasi, iPhone harus mengindeks seluruh konten dalam semua aplikasi dengan menggunakan pemrosesan di perangkat. Cara tersebut tentunya akan menghabiskan masa pakai baterai.

Ada cara membuatnya lebih mudah, yakni masuk ke Settings > Siri & Search, lalu nonaktifkan kemampuan Spotlight untuk mencari dalam aplikasi. Jika ada aplikasi yang tidak ingin masuk dalam indeks, bisa mematikan fungsi Show Content in Search.

3. Update Aplikasi

Update aplikasi memang penting, khususnya setelah iOS 16 bergulir, aplikasi perlu diperbarui untuk mendukung teknologi dan sistem operasi terbaru. Kemungkinan akan ada pembaruan setelah peluncuran iOS 16, agar aplikasi mendukung iOS tersebut dan fitur terbarunya.

Baca: Ancaman Inflasi di Eropa Bikin Apple Naikkan Harga Aplikasi via App Store

Aplikasi lama dan belum diperbarui menguras baterai karena kemungkinan menggunakan alat dan kode lebih lama.

4. Restart iPhone dan Periksa Battery Health

Terkadang setelah melakukan update besar, iPhone mungkin mengalami gangguan. Restart jadi jawaban untuk menyelesaikannya termasuk mengembalikan masa pakai baterai kembali normal.

Perlu diingat juga, baterai iPhone seperti baterai lithium ion akan kehilangan kapasitasnya seiring waktu. Buka Settings dan klik Baterry > Battery Health, lalu akan melihat kapasitas baterai yang tersisa. iOS akan mengingatkan jika baterai butuh diganti.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews