Ngeri-ngeri Sedap Kekuatan Timnas Curacao, Walau Penduduknya Setara Kecamatan Batuaji

Ngeri-ngeri Sedap Kekuatan Timnas Curacao, Walau Penduduknya Setara Kecamatan Batuaji

Timnas Curacao

Batam, Batamnews - Nama Curacao sangat asing di telinga para gila bola di Indonesia. Negara ini bakal jadi lawan sparing timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Anak asuhan Shin Tae-yong bakal diuji dua kali dengan permainan khas amerika latin Curacao. Pertandingan akan dilakukan 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung dan 27 September 2022 di Stadion Pakansari, Bogor.

Curacao merupakan sebuah negara kepulauan di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela. Negara ini merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda. Ibu kotanya adalah Willemstad.

Baca juga: Lolos Piala Asia U-20, Shin Tae-yong Boyong Timnas Indonesia TC ke Eropa

Luas wilayahnya 444 kilometer persegi (171 sq mi). Pada 1 Januari 2009, populasinya berjumlah 141.766 jiwa. Tak jauh dari jumlah penduduk di Kecamatan Batuaji, Kota Batam yang menurut survei BPS pada tahun 2021 sebanyak 135.798 jiwa.

Tapi tunggu dulu, walau penduduknya sama setingkat jumlah penduduk kecamatan di Kota Batam, timnas Curacao bukan 'kaleng-kaleng'. Nyatanya mereka bisa nangkring di peringkat 84 dunia. Bandingkan dengan Timnas Indonesia yang masih bertengger di posisi 155. Untuk itu kemenangan lawan Curacao diharapkan mendongkrak posisi timnas.

Curacao asuhan Remko Bicentini ini juga mempunyai sejumlah pemain top yang bermain di liga eropa. Beberapa di antaranya Juninho Bacuna (Birmingham City), Rangelo Janga (CFR Cluj), Kenji Gorre (Boavista) dan Leandro Bacuna (tanpa klub).

Baca juga: Janji Ramadhan Sananta Usai Dipanggil Shin Tae-yong Bela Timnas Indonesia Vs Curacao

Untuk nama yang disebut terakhir memang berstatus tanpa klub sejak 30 Juni 2022. Namun, soal pengalaman jangan ragukan kualitas Leandro Bacuna.

Hampir seluruh karier sepakbola profesionalnya dihabiskan di persepakbolaan Inggris. Gelandang 31 tahun ini pernah membela Aston Villa (2013-2017), Reading (2017-2019) dan Cardiff City (2019-2021).

Namun Timnas tampaknya percaya diri. Apalagi anak-anak asuhan coach Shin mengalami perkembangan yang cukup bagus sejak Piala AFF 2020. Sejumlah pemain andalan timnas yang bermain di luar negeri juga dipanggil seperti Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikry, Elkan Baggot, Saddil Ramdani, serta Asnawi dan Pratama Arhan.

Shin Tae-yong juga memanggil wajah-wajah baru dan tenaga muda yang fresh dan energik seperti Yakob Sayuri, dan rising star asal Kabupaten Lingga, Kepri, Ramadhan Sananta. Keduanya tampil apik bersama PSM Makassar di Liga 1.

(fox)