Cetak Sejarah, Shin Tae-yong Sukses Bawa Dua Timnas Indonesia ke Piala Asia

Cetak Sejarah, Shin Tae-yong Sukses Bawa Dua Timnas Indonesia ke Piala Asia

Shin Tae-yong sukses membawa dua Timnas Indonesia ke Piala Asia.

Jakarta, Batamnews - Pelatih asal Korea Selatan (Korsel), Shin Tae-yong sukses menciptakan sejarah baru dengan menjadi pelatih pertama yang membawa Timnas Indonesia, yaitu senior dan kelompok umur lolos ke putaran final Piala Asia.

STY membawa Garuda Nusantara, sebutan Indonesia U-20, ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Itu setelah menjadi juara Grup F babak kualifikasi di Surabaya.

Sebelumnya pria 52 tahun itu juga meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia yang melangkah ke putaran final untuk kelima kalinya. Tim Garuda berhak tampil di Uni Emirat Arab pada tahun depan dengan status lima runner up terbaik babak kualifikasi.

Tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal, Timnas Indonesia mengumpulkan enam poin. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan hanya kalah tipis dari tuan rumah Yordania, yakni dengan skor 0-1.

Baca juga: Sikat Vietnam 3-2, Garuda Nusantara ke Piala Asia U-20 2023

Pencapaian ini membuat Shin sebagai satu-satunya pelatih Timnas Indonesia yang bisa melakukan hal tersebut. Diketahui Timnas Indonesia sebelumnya empat kali tampil di Piala Asia dan 18 kali di Piala Asia U-19.

Empat pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia sebelumnya adalah Danurwindo (1996), Nandar Iskandar (2000), Ivan Kolev (2004), dan Alfred Riedl (2007). Keempat pelatih ini sama-sama tak sempat menangani U-19.

Namun Shin bukan yang pertama berhasil membawa dua kelompok usia ke Piala Asia. Pelatih pertama yang membawa dua kelompok usia ke Piala Asia adalah Fakhri Husaini, bersama Indonesia U-16 dan Indonesia U-19.

Indonesia U-16 asuhan Fakhri tampil di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Setahun berikutnya Fakhri memastikan Indonesia U-19 meraih tiket ke Piala Asia U-19 2020. Sayang ajang ini batal digelar karena pandemi Covid-19.

(ruz)