TikTok Luncurkan TikTok Now, Pengguna Wajib Unggah Konten Setiap Hari

TikTok Luncurkan TikTok Now, Pengguna Wajib Unggah Konten Setiap Hari

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - TikTok resmi meluncurkan aplikasi terbaru bernama TikTok Now di Indonesia, pada Senin (19/9/2022). Aplikasi ini disebut menjadi cara baru untuk menghibur sekaligus menghubungkan sesama komunitas di TikTok.

"TikTok Now memungkinkan pengguna berbagi foto dan video setiap harinya untuk berbagi momen autentiknya dengan orang-orang yang paling berarti," tulis TikTok dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

"TikTok Now menghadirkan sisi autentik TikTok menjadi pengalaman kreatif baru yang menghubungkan komunitas," tambahnya.

Pada aplikasi TikTok Now, pengguna akan menerima permintaan harian untuk merekam video berdurasi 10 detik, ataupun foto, dan lalu membagikannya.

Baca juga: Heboh Pengakuan Fetish Foto KTP, Beneran Seks Menyimpang atau Modus Penipuan?

Di Indonesia, TikTok Now tersedia dalam aplikasi yang berbeda dari aplikasi TikTok yang biasa kita gunakan. Aplikasi ini juga sudah dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Di beberapa negara, TikTok Now hadir berbeda dengan terintegrasi dalam aplikasi (in-app) TikTok.

TikTok menyebut platform barunya saat ini tengah berada dalam tahap uji coba untuk beberapa pekan mendatang. Selama masa ini TikTok menyebut pihaknya akan terus meningkatkan pengalaman pengguna agar format kreatif baru ini dapat diterima secara luas.

Lebih lanjut, kehadiran platform baru TikTok tetap mempertimbangkan sisi keamanan dan privasi. Perusahaan teknologi ini mengatakan kreator konten memegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka. Kemudian mereka juga dapat memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang muncul di konten mereka.

Baca juga: Pengguna iPhone 14 Pro Mulai Keluhkan Kamera, Bermasalah saat Buka Aplikasi Video

Beberapa langkah yang dilakukan TikTok untuk menjaga keamanan dan privasi pengguna, terutama usia remaja, yakni:

• Jika seseorang di bawah usia 16 tahun membuat akun untuk menggunakan aplikasi TikTok Now, sama seperti TikTok, akun mereka akan diatur menjadi akun private secara default.

• Pengguna yang berusia di bawah 18 tahun tidak akan dapat membagikan konten mereka di laman Explore.

• Pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar "Hanya untuk Teman" untuk membantu melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan.

Sementara itu, bagi pengguna yang berusia 18 tahun ke atas akan memiliki setelan berbagi tambahan. Selain berbagi dengan sesama teman, mereka dapat memilih untuk membagikan postingan mereka dengan komunitas TikTok Now yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang telah mereka pilih.

(ruz)