Potensi Hujan dan Angin Kencang di Batam, Ini Pesan BMKG

Potensi Hujan dan Angin Kencang di Batam, Ini Pesan BMKG

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Hujan dan angin kencang berpotensi terjadi di Batam, Kepulauan Riau. Fenomena cuaca ini diprediksi berlangsung hingga dini hari besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim menyebut fenomena ini disebabkan adanya labilitas atmosfer lokal yang cukup kuat mendukung proses pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepri.

"Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan berawan dan terdapat potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang dan dini hari," ujar Forecaster On Duty, Ibnu Susilo, Rabu (3/8/2022). 

Untuk masih-masing kecamatan di Kota Batam, memiliki suhu yang normal mencapai 25 -32°Celcius, kemudian kecepatan angin yang 30 kilometer per jam serta kelembaban yang mencapai 65 - 95 persen.

BMKG mengimbau agar masyarakat di Wilayah Batam agar waspada hujan dengan intensitas sedan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

Sementara itu, Forecaster On Duty, Debora Truly mengatakan bahwa esok hari juga diprakirakan akan terjadi hujan di wilayah Batam, Kepulauan Riau. 

"Untuk esok hari adanya daerah belokan angin Kovergensi (pertemuan massa udara) di sekitar wilayah Kepulauan Riau," katanya. 

Dengan fenomena tersebut maka dapat mendukung potensi pertumbuhan awan-awan konvektif. 

Secara umum kondisi esok hari diprakirakan berawan dan terdapat potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir kilat dan angin kencang di pada pagi dan siang hari. 
 

(rez)