Cuaca Panas-Hujan Tak Menentu di Batam, Berikut Penjelasan BMKG

Cuaca Panas-Hujan Tak Menentu di Batam, Berikut Penjelasan BMKG

Ilustrasi hujan deras mengguyur kawasan Batam Centre. (Foto: dok. Batamnews).

Batam, Batamnews - Kondisi cuaca di Kota Batam, Kepulauan Riau terpantau tak menentu dalam beberapa hari terakhir. Hujan bisa dengan deras mengguyur, namun kemudian panas terik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam memperkirakan kondisi cuaca seperti ini akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman menyebutkan perubahan cuaca secara tiba-tiba ini disebabkan adanya belokan angin atau tekanan rendah disekitaran wilayah Kepri.

"Kami menyebutnya ini semacam adanya belokan angin, sehingga awan-awan hanya berkumpul disekitaran wilayah Kepri saja," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, Kamis (28/7/2022).

Namun demikian, dominannya cuaca di Batam dominan cerah berawan dan juga berpotensi hujan di siang hari saja.

"Intensitas hujan mulai dari ringan, sedang hingga lebat. Namun sifatnya sporadis, hanya sebentar. Mendadak sebentar hujan, kemudian hilang lagi," kata Suratman.

Sementara untuk di lautan, kondisi cuaca masih aman seperti biasa. Dampak dari belokan angin tak begitu berimbas pada cuaca di laut. 
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews