Prediksi Cuaca BMKG: Hujan Guyur Batam Sabtu-Minggu

Prediksi Cuaca BMKG: Hujan Guyur Batam Sabtu-Minggu

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Hujan dengan intesitas sedang hingga lebat diprediksi mengguyur Kota Batam, Kepulauan Riau dalam dua hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara Hang Nadim Batam meminta warga mewaspadai potensi banjir yang terjadi pasca-hujan mengguyur.

"Waspadai genangan air hingga banjir yang berpotensi terjadi pasca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat secara terus menerus," kata prakirawan BMKG Batam, Sarah Salsabila, Sabtu (13/8/2022).

Prediksi hujan dalam beberapa hari ini dikarenakan adanya kelembapan udara lapisan atas yang relatif rendah serta kecepatan angin yang cukup kuat kurang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau. 

"Secara umum cuaca hari ini diprakirakan cerah berawan hingga terjadi hujan," ujar Salsabila. 

Namun, menurut Salsabila bahwa masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari. 

Sedangkan esok hari, lanjut Salsabila, terdapat belokan angin yang memanjang di wilayah kepulauan Riau didukung suhu muka laut yang hangat memungkinkan pertumbuhan awan-awan hujan. 

"Sama hal nya, secara umum cuaca esok hari di prakiraan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya. 

Selain itu, cuaca tersebut juga dapat disertai oleh petir ataupun kilat dan angin kencang yang terjadi pada pagi hingga siang hari, dan cerah berawan pada malam hingga dini hari. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews