Cara Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp 600 Ribu di Situs kemnaker.go.id

Cara Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah Rp 600 Ribu di Situs kemnaker.go.id

Ilustrasi. (Foto: via minews.id)

Jakarta, Batamnews - Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp 600 ribu untuk pekerja atau buruh sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan bahwa BSU mulai dicairkan hari Jumat (9/9/2022). Kemnaker sudah mencatat 5.099.915 data calon penerima BSU untuk tahap satu.

"Kami BPJS Ketenagakerjaan tanda tangan berita acara penyerahan tahap satu, ada 5,9 juta data calon penerima BSU. Kami harap ini dapat disalurkan secepatnya. Penyaluran kerja sama dengan bank Himbara, BNI, BRI, BTN, mandiri, BSI, dan tahun ini berbeda karena kami sertakan PT Pos Indonesia," ujar Ida dikutip dari detikFinance.

Baca juga: Tiga Syarat Pekerja Bergaji Rp 3,5 Juta Bisa Dapat BLT BBM Rp 600 Ribu

Ia menegaskan, yang berhak menerima BSU adalah yang sesuai kriteria berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10/2022, yang berisi pedoman pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi atau upah untuk buruh.

Beberapa syarat tersebut antara lain harus Pekerja Warga Negara Indonesia dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022.

Lalu, punya gaji paling banyak Rp 3,5 juta atau senilai upah minimum Kabupaten/Kota. Dengan demikian pekerja yang bekerja di wilayah yang memiliki UMP di atas Rp 3,5 juta berhak mendapatkan BSU. Misalnya pekerja di DKI yang UMP Rp 4,7 juta tetap berhak mendapatkan BSU.

Baca juga: Harga BBM Naik, Polsek Daik Lingga Bagi-bagi Sembako ke Nelayan

Cara Cek Penerima BSU Rp 600 Ribu di Kemnaker.go.id

  • Buka browser di HP atau desktop
  • Akses situs bsu.kemnaker.go.id
  • Daftar akun jika belum pernah melakukan registrasi. Akan ada kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang didaftarkan untuk melakukan verfikasi.
  • Jika sudah berhasil daftar lanjut klik Masuk. Lakukan Login dengan akun yang dibuat tadi.
  • Lengkapi data untuk profil
  • Cek Pemberitahuan, kamu akan mendapatkan notifikasi apakah termasuk atau tidak sebagai calon penerima BSU
  • Bila menjadi penerima BSU, akan mendapatkan notifikasi lagi soal penyalurannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews