BBM Naik, Harga Tiket Kapal SB Karunia Jaya Rute Tanjungpinang-Karimun Jadi Rp 280 Ribu

BBM Naik, Harga Tiket Kapal SB Karunia Jaya Rute Tanjungpinang-Karimun Jadi Rp 280 Ribu

Aktivitas di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Elhadif/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), berimbas terhadap tarif transportasi laut. Seperti halnya yang terjadi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Namun, ada agen kapal yang terkesan menaikkan harga tiket secara sepihak, alias tanpa koordinasi dengan instansi terkait. Ialah SB Karunia Jaya yang melayani rute Tanjungpinang-Karimun.

Kondisi ini membuat beberapa calon penumpang kaget. Menurut mereka belum ada pengumuman sebelumnya dari Pemerintah Daerah.

"Tiba-tiba aja sudah naik. Biasanya kan ada diumumkan dulu," kata seorang penumpang SB Karunia Jaya, Putra di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin (5/10/2022).

Baca juga: Siap-siap Tarif Pelayaran Feri di Karimun Segera Naik

Agen SB Karunia Jaya menaikan harga tiket dari Rp 230.000 menjadi Rp 280.000, atau naik sebesar Rp 50.000.  Pantauan di Pelabuhan Sri Bintan Pura, agen kapal SB Karunia Jaya secara terang-terangan menjual tiket dengan harga terbaru tersebut.

"Sekarang tiket Rp 280.000," teriak agen yang memegang list nama-nama penumpang di ponton keberangkatan.

Sementara seorang kru kapal SB Karunia Jaya mengatakan, agen telah menaikan harga tiket selama dua hari, atau sejak sejak Minggu (4/10/2022).

"Sudah dari semalam naiknya. Karena minyak naik," kata kru itu.

Selain itu dikabarkan sejumlah kapal antar pulau dalam Kabupaten Karimun juga menaikan harga tiket secara sepihak. Besaran kenaikan harga tiket tergantung jauhnya jarak tempuh.

(CR1)