Kunjungan Wisman ke Batam Naik Hampir 50 Persen

Kunjungan Wisman ke Batam Naik Hampir 50 Persen

ilustrasi

Batam, Batamnews - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mencatat ada kenaikan jumlah wisatawan mancanegara atau wisman yang berkunjung per Juli 2022 lalu.

Jumlah wisman yang berkunjung ke Batam selama Juli tercatat sebanyak 57.139 kunjungan. Tentunya itu mengalami kenaikan sebesar 44,03 persen jika dibandingkan pada bulan sebelumnya.

"Di bulan Juni sebanyak 39.671 kunjungan. Kebanyakan datang dari Singapura. Jadi jika dibanding dengan Juli maka ada kenaikan kunjungan wisman sebesar lebih kurang 35 persen," ujar Kepala BPS Batam, Rahmad Iswanto, Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Puluhan Wisman Vietnam Liburan ke Pulau Wisata Benan Lingga

Menurut Rahmad, pada Agustus 2022 kemungkinan besar angka wisman yang masuk ke Batam terus meningkat. Mengingat Batam saat ini sedang dalam tren positif bangkit dari keterpurukan Covid-19.

Kenaikan jumlah kunjungan wisman selama bulan Juli 2022 ke Batam terjadi di pintu masuk di Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Ferry Harbourbay dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim. Pintu masuk wisman ke Batam sudah kembali dibuka dan tidak diberlakukan lagi tes Antigen, PCR dan karantina.

Jika menurut kebangsaan, jumlah kunjungan wisman didominasi dari negara Singapura sebanyak 31.175 kunjungan. 

Baca juga: Wisman Malaysia Antusias di Kegiatan CFD Karimun

Kemudian disusul lagi dengan wisman Malaysia sebanyak 7.426 kunjungan, India sebanyak 3.629 kunjungan, China sebantak 1.050 kunjungan, Philipina sebanyak 959 hingga Australia sebanyak 499 kunjungan.

"Selain itu, wisman asal negara-negara di benua Eropa lain juga ada. Contoh seperti Jerman, Inggris. Ada juga dari Amerika dan juga Jepang," kata Rahmad. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews