Drawing Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Segrup Thailand

Drawing Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Segrup Thailand

Timnas

Jakarta - Drawing Piala AFF 2022 menempatkan Timnas Indonesia di Grup A. Skuad Garuda segrup dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan 1 negara pemenang babak kualifikasi.

Dalam drawing Piala AFF 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8/2022), Timnas Indonesia berada di Pot 3. Drawing dilakukan oleh para petinggi AFF hingga perwakilan sponsor.

Ada 5 pot, yang masing-masing terdiri dari dua tim. Drawing dimulai dari Pot 5 (Laos - Brunei/Timor-Leste) yang terus berlanjut hingga Pot 1 (Thailand - Vietnam).

Baca juga: FIFA Matchday Timnas Indonesia VS Curacao, Catat Tanggal Mainnya!

Drawing pertama dilakukan untuk menentukan grup buat Laos dan Brunei/Timor-Leste dari Pot 5. Hasilnya Brunei/Timor Leste masuk Grup A, Laos Grup B.

Lalu Kamboja masuk Grup A, Myanmar Grup B dari Pot 4. Indonesia masuk Grup A, Singapura Grup B dari Pot 3.

Filipina masuk Grup A, Malaysia Grup B dari Pot 2. Dan terakhir Thailand masuk Grup A, Vietnam masuk Grup B dari Pot 1.

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Timnas U-16 di Istana Merdeka

Bagi Timnas Indonesia, ini adalah grup yang sangat berbeda dengan edisi 2020. Saat itu, Garuda masuk Grup A bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Itu berarti hanya Laos yang kembali segrup dengan Timnas Indonesia. Bisa dibilang juga grup ini relatif mudah buat Timnas Indonesia, hanya Thailand yang mungkin bisa merepotkan tim asuhan Shin Tae-yong.

Piala AFF akan kembali digelar dengan format lama sebelum era pandemi COVID-19, yakni kandang dan tandang dari fase grup hingga penyisihan. Rencananya turnamen edisi ke-14 ini akan digelar 23 Desember 2022 - 15 Januari 2023.

Nantinya dua tim teratas dari Grup A dan Grup B akan melaju ke babak semifinal. Sementara 1 slot tersisa akan diperebutkan oleh dua tim dengan peringkat terendah yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste. Kedua tim akan memainkan laga playoff terlebih dahulu.

Hasil drawing Piala AFF 2022

Pot 1: Thailand - Vietnam

Pot 2: Malaysia - Filipina

Pot 3: Indonesia - Singapura

Pot 4: Myanmar - Kamboja

Pot 5: Laos - Brunei/Timor-Leste

Grup A: Thailand, Filipina, Indonesia, Kamboja, Brunei/Timor-Lester

Grup B: Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, Laos

Kualifikasi: Brunei Vs Timor-Leste (double round-robin/kandang & tandang)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews