Curacao Sempat Pecundangi Vietnam, Timnas Wajib Hati-hati

Curacao Sempat Pecundangi Vietnam, Timnas Wajib Hati-hati

Timnas Indonesia. (ist)

Batam, Batamnews - Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong tampaknya wajib berhati-hati ketika bertanding melawan timnas Curacao.

Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan timnas Curacao pada FIFA Matchday bulan September 2022.

Hal itu telah disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saat berada di Stadion Maguwoharjo, Sleman, ketika menghadiri laga timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022, Minggu (31/7/2022) malam.

Timnas Indonesia pun dijadwalkan bakal berhadapan dengan timnas Curacao dalam dua pertandingan uji coba. "Dua pertandingan (timnas Indonesia) pada bulan September rencananya menghadapi Curacao," kata Yunus Nusi.

Nama negara Curacao mungkin terdengar asing di telinga kebanyakan orang atau bahkan para penggemar sepak bola di Indonesia.

Namun, negara yang dihuni sekitar 100 ribu penduduk itu menempati peringkat FIFA yang jauh lebih baik di atas timnas Indonesia. Per tanggal 23 Juni 2022, mantan negara jajahan Belanda itu berhasil menempati ranking 84 FIFA.

Sementara itu, timnas Indonesia hingga saat ini masih nangkring di peringkat 155 FIFA. Hebatnya lagi, timnas Curacao juga sempat mengalahkan salah satu rival timnas Indonesia di wilayah Asia Tenggara, yakni timnas Vietnam.

 

Dilansir dari Transfermarkt, timnas Curacao bertemu dengan timnas Vietnam di ajang Piala Raja yang diselenggarakan di Thailand. Kala itu, Timnas Curacao melawan timnas Vietnam di partai final Piala Raja di Stadion Chang Arena, 8 Juli 2019.

Timnas Curacao dan timnas Vietnam sempat bermain sama kuat 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Curacao mampu unggul lebih dulu atas Vietnam pada babak kedua lewat lesakan Jurich Carolina pada menit ke-58.

Vietnam kemudian menyamakan kedudukan melalui tendangan kaki kanan Duc Huy Pham pada menit ke-83. Skor 1-1 memaksa Curacao dan Vietnam untuk melanjutkan pertandingan hingga babak extra time yang berjalan 2x15 menit.

Namun, sampai extra time selesai, skor masih tidak berubah sehingga kedua tim harus adu penalti untuk menentukan pemenang. Pada adu tos-tosan, kelima penendang penalti Curacao sanggup melesakkan gol ke gawang Vietnam.

Sementara di sisi lain, satu eksekutor penalti Vietnam gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna. Satu-satunya eksekutor penalti Vietnam yang gagal mencetak gol tersebut adalah Nguyen Cong Phuong.

Alhasil, skor 6-5 untuk kemenangan Curacao pun menjadi hasil akhir pada pertandingan tersebut.

Duel melawan Vietnam di Piala Raja tersebut merupakan satu-satunya kesempatan Curacao menjajal kekuatan sepak bola negara asal Asia Tenggara.

Apabila tidak ada kendala, maka timnas Indonesia akan menjadi negara kedua dari Asia Tenggara yang akan melawan Curacao. 

(fox)